Sukses


BRI Liga 1: Kalah dari Persebaya, RD Ogah Salahkan Pemain Barito Putera

Bola.com, Surabaya - Barito Putera dipaksa menelan kekalahan dalam pekan ketiga BRI Liga 1 2024/2025. Laskar Antasari takluk 1-2 saat melawat ke markas Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (23/8/2024).

Barito Putera sebenarnya mampu unggul gol cepat saat laga berjalan belum semenit. Adalah Lucas Morelatto yang memanfaatkan kesalahan kiper Persebaya, Ernando Ari, dan menceploskan bola yang membawa Barito Putera unggul dulu

"Saya sebetulnya yakin bisa mengontrol pertandingan sebelum kami terkena insiden kartu merah. Bagaimana anak-anak bermain cepat merespons walaupun itu kesalahan penjaga gawang," kata Rahmad Darmawan, pelatih Barito Putera.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Barito Putera harus bermain dengan 10 pemain karena Chechu Meneses sengaja menyentuh bola dengan tangannya pada menit ke-25. Dia pun menerima kartu merah langsung dan timnya mendapat hukuman penalti.

Kapten Persebaya Bruno Moreira pun menjadi eksekutor penalti dan menyamakan kedudukan di menit ke-27. Hal itu mengubah permainan Barito Putera yang tadinya sempat memberi tekanan dan memilih untuk lebih banyak bertahan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harus Mengubah Permainan

Dalam situasi kalah jumlah pemain, Barito Putera masih tetap mencoba menerapkan pertahanan rapi. Persebaya kesulitan menambah gol. Tapi akhirnya muncul juga di injury time berkat tembakan Mohammed Rashid.

"Setelah mencetak gol, kami sebenarnya masih mengontrol permainan. Tapi akhirnya ada tragedi, kami bermain dengan 10 pemain, dan saya putuskan untuk mengubah formasi jadi 4-4-1," kata Rahmad Darmawan.

"Persebaya terus memberikan tekanan karena diuntungkan jumlah pemain. Skema kami bermain lagi dengan tiga bek tengah untuk keluar dari tekanan lawan. Sayangnya, kami kecolongan pada menit-menit terakhir," imbuh pelatih yang akrab disapa RD itu.

 

3 dari 4 halaman

Tak Mau Salahkan Pemain

Secara keseluruhan, Barito Putera bermain baik dengan mampu menahan gempuran tim tuan rumah. Persebaya mampu menciptakan total 22 tembakan selama pertandingan dan terbukti hanya berhasil menyarangkan dua gol.

"Saya tidak menyalahkan siapapun. Saya sendiri yang salah. Saya sangat mengapresiasi permain yang sudah berjuang luar biasa sampai selesai. Semua pemain bekerja untuk tim ini, dan selamat untuk Persebaya yang meraih tiga poin," tutur RD.

Hasil ini membuat Barito Putera menduduki posisi ke-10 klasemen sementara dengan tiga poin dari tiga laga. Sedangkan Persebaya untuk sementara ada di puncak klasemen mengemas tujuh poin.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer