Sukses


Bikin Blunder Fatal Persebaya Vs Barito Putera di BRI Liga 1, Kiper Timnas Indonesia Ernando Ari Perlu Banyak Belajar

Bola.com, Surabaya - Kiper Ernando Ari Sutaryadi melakukan blunder saat tampil membela Persebaya Surabaya di pekan ketiga BRI Liga 1 2024/2025. Dia membuat timnya kebobolan gol cepat saat menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (23/8/2024) malam.

Momen itu terjadi saat laga berjalan belum semenit. Ernando Ari Sutaryadi mulanya bermaksud membuang bola dengan sepakan keras sambil meninggalkan gawangnya. Sayangnya, bola membentur bek Kadek Raditya.

Sial, bola liar kemudian dikuasai oleh striker Lucas Morelatto yang menyelesaikannya dengan tembakan akurat ke gawang Persebaya. Gol itu pun tercipta di detik ke-31 dan membuat Persebaya tertinggal dulu.

Beruntung, Persebaya tetap memenangi pertandingan ini dengan membalas dua gol. Masing-masing adalah eksekusi penalti Bruno Moreira (27’) dan sepakan keras dari luar kotak penalti yang dilepas oleh Mohammed Rashid (90+5’).

Ernando mengakui kesalahannya. Dia bersyukur bahwa timnya tetap bisa mengemas tiga poin di laga ini. Sepanjang laga, kiper berusia 22 tahun itu merasa bahwa rekan-rekannya mampu bekerja sebagai tim sehingga berhasil comeback.

“Saya berterima kasih kepada Coach Paul (Munster) dan juga tim. Persebaya sekarang ini punya pemain yang bagus. Semua pemain saling menutupi, saya melakukan kesalahan. Tapi, teman-teman berjuang menutupi kesalahan saya,” ucap Ernando.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Persebaya Diuntungkan 2 Situasi

Persebaya sebenarnya diuntungkan oleh dua situasi. Barito Putera harus bermain dengan 10 pemain karena Chechu Meneses sengaja menyentuh bola dengan tangannya di menit ke-25. Dia pun menerima kartu merah langsung dan timnya mendapat hukuman penalti.

Penalti itu berhasil dikonversi jadi gol oleh Bruno Moreira. Tim Bajul Ijo terus memberikan tekanan karena diuntungkan jumlah pemain. Secara keseluruhan, Barito Putera bermain baik dengan mampu menahan gempuran tim tuan rumah.

Persebaya mampu menciptakan total 21 tembakan selama pertandingan dan terbukti hanya berhasil menyarangkan dua gol. Apa yang ditampilkan Persebaya tak terlalu baik karena banyak peluang emas terbuang.

Dalam situasi kalah jumlah pemain, Barito Putera masih tetap mencoba menerapkan pertahanan rapi. Persebaya kesulitan menambah gol. Tapi akhirnya muncul juga di injury time berkat tembakan Mohammed Rashid.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Pengakuan Ernando Ari

Ernando mengaku perlu lebih banyak belajar untuk bisa memperbaiki kesalahannya. “Saya bangga dengan tim ini. Saya sendiri harus banyak belajar dan tetap fokus ke depan. Saya akan terus mengasah kemampuan saya,” ucapnya.

Dengan melakukan blunder itu, Ernando baru kebobolan sebiji gol dalam tiga laga, bahkan dia sebelumnya selalu membukukan clean sheet dalam dua laga kontra PSS Sleman dan Malut United.

Persebaya kini mengemas tujuh poin hasil dari dua menang dan satu seri dalam tiga laga Liga 1. Mereka juga tercatat mencetak tiga gol.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer