Sukses


Shin Tae-yong Beberkan Tantangan Timnas Indonesia Vs Arab Saudi: Persiapan Sangat Pendek, Lawan Tanpa Pemain Abroad

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan tantangan yang dapat dihadapi untuk melawan Timnas Arab Saudi di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Arab Saudi dalam partai pertama Grup C putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

Shin Tae-yong dikabarkan akan memanggil 26 pemain untuk menghadapi Arab Saudi dan Timnas Australia pada lima hari berselang. Para pemain yang berasal dari BRI Liga 1 bakal berkumpul pada 29 Agustus 2024.

"Sebenarnya tantangan yang paling besar adalah persiapan Timnas Indonesia yang pendek," ucap Shin Tae-yong.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Faktor Lain

Timnas Indonesia akan berlatih lebih dulu di Jakarta selama dua hari dengan para pemain dalam negeri. Pada 1 September 2024, tim berjulukan Garuda itu bakal bertolak ke Arab Saudi.

Para pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri akan bergabung dengan Timnas Indonesia di Arab Saudi.

Selain persiapan yang mepet, Shin Tae-yong juga menilai Arab Saudi mendapatkan keuntungan karena tidak memiliki pemain yang bermain di luar negeri, dengan begitu, dapat berlatih bersama-sama sejak awal.

3 dari 3 halaman

Jet Lag dan Cuaca

Jika dibandingkan dengan Timnas Indonesia berdasarkan pernyataan dari Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, bakal berkekuatan 14 pemain abroad untuk melawan Arab Saudi.

"Mungkin untuk Arab Saudi, tidak ada pemain abroad. Jadi mereka bisa saja berkumpul kapan pun dan bisa latihan. Mereka juga sudah beradaptasi dengan waktu dan cuaca," imbuh Shin Tae-yong.

"Dibandingkan dengan mereka, kami harus dari luar negeri. Dari Indonesia kami mesti berangkat. Jadi masalah waktu, adaptasi, jet lag, dan cuaca itu sangat penting," ungkap Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer