Sukses


Ernando Sudah Berkontak dengan Maarten Paes: Siap Menimba Ilmu saat Bersama di Timnas Indonesia

Bola.com, Surabaya - Maarten Paes menjadi buah bibir di seluruh Indonesia bahkan juga dunia dalam beberapa hari terakhir. Kiper FC Dallas itu akhirnya sudah dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Kabar ini sangat menggembirakan mengingat pasukan Shin Tae-yong lagi akan memulai serangkaian laga berat di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Arab Saudi akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia, di mana Jay Idzes cs. akan menyambangi King Abdullah Sport City, kandang keramat Green Falcons, pada 5 September 2024.

Tak cuma Arab Saudi, Tim Garuda juga akan berjibaku kontra China, Bahrain, Australia, dan Jepang selaku penghuni grup yang sama.

Sementara di sisi lain, ada Ernando Ari Sutaryadi yang sudah menjadi kiper utama Timnas Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Kiper milik Persebaya itu mengaku ingin banyak menimba pengalaman bersama Maarten Paes.

“Saya siap menimba ilmu dari Paes. Saya sudah sering kontak-kontakan. Saya belum pernah ketemu, tapi chat saja,” ungkap Ernando.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kiprah Maarten Paes dan Ernando Ari

Dari pengalaman dan jam terbang di level atas, jelas Maarten Paes lebih moncer. Kiper 26 tahun ini menjadi salah satu kiper terbaik di MLS sejak kedatangannya ke tim itu pada medio Januari 2022.

Berawal dari status pinjaman, FC Dallas kemudian mengganjarnya dengan kontrak permanen menyusul performanya yang terus melambung. Sejauh ini, kelahiran 14 Mei 1998 itu hadir dalam 89 laga bareng FC Dallas.

Penampilannya yang cemerlang membawa Maarten Paes masuk daftar skuad MLS All-Stars beberapa waktu lalu. Dia bermain dengan bintang-bintang top dunia seperti Lionel Messi dan Luis Suarez.

Sedangkan Ernando termasuk kiper yang berprestasi sejak level kelompok usia. Dia pernah menjuarai Piala AFF U-16 2018 dan membawa Timnas Indonesia U-22 meraih emas SEA Games 2023.

Total, Ernando sudah membukukan 15 penampilan bersama Timnas Indonesia senior. Bahkan, sepanjang 2024 ini saja, dia sudah tampil dalam 10 pertandingan internasional, baik laga persahabatan maupun kompetitif seperti Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

3 dari 3 halaman

Menanti Paes Main di Timnas Indonesia

Kedatangan Maarten Paes sempat memunculkan opini Ernando tersaingi dan tertutup kesempatannya. Namun, Ernando justru merasa momen ini membuatnya perlu banyak belajar dari kiper yang berpengalaman di Amerika Serikat tersebut.

“Paes datang dan kami bisa saling mendukung dan menutupi. Saya selalu fokus apa yang ke depan. Kami nanti latihan bersama,” tutur Ernando.

Sejak resmi menjadi WNI pada 30 April 2024, Maarten Paes tak kunjung membela Timnas Indonesia. FIFA sempat menolak perpindahan asosiasi pemain berusia 26 tahun tersebut dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Alasannya, Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun.

PSSI lantas mengajukan banding terkait keputusan FIFA tersebut. Sidang banding telah berlangsung pada 15 Agustus lalu, dan hasilnya diumumkan pada Senin (18/8/2024).

Lewat akun Instagram pribadinya, Ketua PSSI, Erick Thohir, menyebut Maarten Paes sudah sah dan bisa didaftarkan untuk membela Tim Garuda. Dia berpeluang membela Timnas Indonesia pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Video Populer

Foto Populer