Sukses


Bikin Nyesek Deh! Termasuk Ryo Matsumura, Barisan Mantan yang Nyakitin Klub Lamanya

Bola.com, Jakarta - Pemain asing Persija Jakarta, Ryo Matsumura, menjadi sosok mantan yang memberikan luka kepada mantan klubnya, Persis Solo, saat berjumpa pada pekan ketiga BRI Liga 1 2024/2025. Sebelum Ryo, musim ini ada beberapa pemain yang sempat melakukan hal serupa.

Aksi tersebut dilakukan Ryo Matsumura ketika membantu Persija Jakarta menggulung Persis Solo 2-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Jakarta Internasional Stadium, Sabtu (24/8/2024) malam WIB.

Tim tamu sebetulnya sempat unggul terlebih dahulu lewat eksekusi penalti Moussa Sidibe (56’). Namun, tak lama berselang, Ryo sukses menyamakan kedudukan melalui sontekannya di area kotak penalti pada menit ke-62.

Ketika laga menginjak menit ke-74, pemain asal Jepang itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mengoyak jala gawang Gianluca Pandeynuwu. Persija pun berbalik unggul 2-1 dan sukses mengamankan tiga poin.

Sepanjang bergulirnya musim 2024/2025, termasuk pada turnamen pramusim, ada beberapa pemain yang sukses melukai mantan klubnya. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mantan yang Menyakitkan

Aksi impresif yang dilakukan Ryo Matsumura pada laga ini tak hanya membawa Persija Jakarta melanjutkan tren positifnya di BRI Liga 1 2024/2025, tetapi juga melumpuhkan perjuangan Persis Solo untuk bangkit.

Pasalnya, ini menjadi kekalahan ketiga beruntun yang dialami Laskar Sambernyawa. Klub yang pernah menjadi pelabuhan Ryo saat pertama kali berkarier di Indonesia itu harus berjuang di zona degradasi akibat hasil ini.

Tak berlebihan jika menyebut Ryo sebagai mantan yang menyakitkan. Apalagi, saat memperkuat Persis, pemain berusia 30 tahun ini punya catatan yang apik. Dia mengukir 11 gol dan enam assist dari 28 laga. Namun akhirnya memilih hengkang memperkuat klub Ibu Kota.

3 dari 5 halaman

Ramadhan Sananta

Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, sebetulnya juga pernah melakukan aksi serupa. Namun, dia melakukannya ketika berjuang bersama Laskar Sambernyawa pada ajang Piala Presiden 2024.

Ketika itu, Sananta sukses mencetak dua gol cepat ke gawang mantan klubnya, PSM Makassar. Sayangnya, anak asuh Milomir Seslija gagal mempertahankan keunggulan ini karena laga berakhir imbang 2-2.

Hasil imbang ini memang sangat penting bagi Persis. Mereka akhirnya mengakhiri persaingan sebagai runner-up dan lolos ke semifinal. Sedangkan mantan klub Sananta, PSM, harus puas menjadi juru kunci Grup A.

4 dari 5 halaman

Gustavo Almeida

Masih pada Piala Presiden 2024 lalu, penyerang asing Persija Jakarta, Gustavo Almeida, juga pernah menjadi aktor yang melukai mantan klubnya, Arema FC. Momen itu tepatnya terjadi di fase penyisihan Grup B.

Ketika itu, Arema FC sebetulnya sudah unggul 2-0 lewat gol Salim Tuharea (54’) dan Charles Lokolingoy (67’). Namun, keunggulan ini dibuyarkan Persija lewat dua gol telat dari Gustavo Almeida (84’) dan Hanif Sjahbandi (87’).

Akibatnya, kemenangan Singo Edan yang sudah di depan mata harus buyar. Namun, kedua klub tetap sama-sama lolos ke semifinal. Menariknya, Arema FC justru bisa keluar sebagai juara Piala Presiden 2024.

5 dari 5 halaman

Tengok Peta Persaingan di Musim Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer