Sukses


Maarten Paes dan Deretan Kiper Naturalisasi di Asia Tenggara: Siapa yang Paling Mentereng?

Bola.com, Jakarta - Hadirnya kiper kelahiran Belanda, Maarten Paes, yang sebentar lagi menjadi andalan Timnas Indonesia akan meramaikan daftar penjaga gawang naturalisasi yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Setelah sempat tertunda cukup lama, Maarten Paes akhirnya dinyatakan eligible atau memenuhi syarat untuk menjalani perpindahan federasi ke PSSI lewat gugatan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Dengan demikian, kiper yang kini memperkuat FC Dallas itu bisa menjadi amunisi tambahan saat skuad Merah Putih menghadapi Arab Saudi dan Australia pada dua pertandingan pertama Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kini, Maarten Paes akan menambah ramai persaingan kiper-kiper naturalisasi di kawasan ASEAN. Sebelumnya, sudah ada beberapa nama pemain yang terlebih dahulu muncul. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Neil Etheridge

Salah satu penjaga gawang naturalisasi yang paling awal mewarnai persaingan di Asia Tenggara ialah Neil Etheridge. Pemain berdarah Filipina ini sempat menjadi sosok kiper yang paling disegani di kawasan ini.

Sebab, kiper kelahiran Inggris itu punya rekam jejak yang oke bersama klub Liga Inggris. Dia pernah bermain bersama beberapa klub ternama seperti Fulham, Cardiff City, hingga akhirnya kini terdampar di Thailand bersama Buriram United.

Neil sempat bermain bersama Timnas Inggris U-16 saat berusia muda. Namun, sejak mengukir debut bersama Timnas Filipina pada Mei 2008, dia telah mengumpulkan 81 caps dan jadi kiper pilihan utama.

3 dari 4 halaman

Filip Nguyen

Timnas Vietnam juga memiliki sosok penjaga gawang naturalisasi. Dia adalah Filip Nguyen. Kiper berusia 31 tahun ini tercatat lahir di Praha, Ceko, pada 14 September 1992. Filip sebetulnya sempat dipanggil Timnas Ceko.

Namun, ia urung debut karena pandemi Covid-19. Akhirnya dia ‘dibajak’ Vietnam pada 2023. Sejak mengukir debut pada awal Januari 2024, dia telah menjadi andalan Timnas Vietnam di berbagai ajang.

Dia selalu menjadi starter ketika The Golden Star menghadapi Piala Asia 2023 hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dia telah mengukir tujuh kali penampilan bersama The Golden Star, termasuk ketika dua kali kalah melawan Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Maarten Paes

Maarten Paes bakal menjadi salah satu penjaga gawang yang meramaikan deretan kiper naturalisasi di Asia Tenggara. Dia menjadi pemain terakhir yang bakal segera debut bersama Timnas Indonesia.

Penjaga gawang berusia 26 tahun ini memiliki modal yang cukup baik menjelang memperkuat Timnas Indonesia. Pasalnya, dia mendapatkan menit bermain yang reguler bersama FC Dallas di Amerika Serikat pada musim ini.

Dari catatan Transfermarkt, Paes bermain 25 kali di Major League Soccer (MLS), tiga kali di US Open Cup, dan dua kali di Leagues Cup 2024. Dari semua itu, dia kebobolan 46 kali, mengukir enam cleansheet, dan mengukir dua penyelamatan penalti.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer