Sukses


Media Vietnam Bikin Line-up Pemain Timnas Indonesia Full Naturalisasi untuk Kualifikasi Piala Dunia, Nyindir atau Iri?

Bola.com, Jakarta Lagi dan lagi, Timnas Indonesia menjadi sorotan media internasional, terutama Asia.

Media Vietnam dan Korea Selatan yang paling sering memberitakan Timnas Indonesia. Untuk Vietnam, ini karena persaingan kedua negara di regional ASEAN. Sementara media Korea karena faktor sang pelatih, Shin Tae-yong.

VN Express, turut memberitakan kedatangan Maarten Paes ke skuad Garuda. Mereka menyebut Timnas Indonesia sudah punya starter yang full pemain naturalisasi.

"Indonesia kini dapat menurunkan 11 pemain naturalisasi lengkap setelah berhasil menambahkan kiper kelahiran Belanda, Maarten Paes, ke dalam daftar pemain mereka," tulis mereka.

"Meskipun Paes lahir di Belanda, nenek dari pihak ibunya adalah orang Indonesia, sehingga ia dapat menyelesaikan proses naturalisasi dan menjadi warga negara Indonesia pada tanggal 30 April 2024," lanjut Vn.

Vn bahkan membuat susunan pemain Timnas Indonesia yang full blasteran.

"Dengan kehadiran Paes, Indonesia dapat menurunkan 11 pemain naturalisasi dalam formasi 5-3-2. Susunan pemain ini meliputi bek sayap Sandy Walsh, Calvin Verdonk, dan Shayne Pattynama; bek tengah Jay Idzes, Jordi Amat, dan Justin Hubner; gelandang Ivar Jenner, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On; serta penyerang Rafael Struick dan Ragnar Oratmagoen," tulis mereka.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ngebut demi Kualifikasi Piala Dunia

Maarten Paes sebenarnya sudah dikenal publik setelah masuk radar program naturalisasi sejak akhir 2023. Namanya mencuat bersama dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Namun, saat itu proses naturalisasinya sempat tertunda karena terganjal regulasi FIFA terkait perpindahan asosiasi.

Selain Paes, masih ada dua pemain keturunan lagi yang sudah menjadi WNI. Mereka adalah Calvin Verdonk dan Jens Raven. 

PSSI belakangan memang gencar melakukan naturalisasi pemain keturunan untuk Timnas Indonesia. Beberapa nama yang lebih dulu menjalani program tersebut antara lain Jordi Amat, Sandy Walsh, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ivan Jenner, hingga Justin Hubner.

Program naturalisasi sengaja dikebut untuk persiapan Timnas Indonesia dalam menghadapi beberapa event ke depan. Salah satunya Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3 dari 4 halaman

Dominasi Keturunan Belanda

Pemain naturalisasi Indonesia masih didominasi keturunan Belanda. Negeri Kincir Angin menjadi negara terbanyak penyumbang naturalisasi pemain sejauh ini. Namun, adapula yang memiliki garis keturunan Inggris hingga Spanyol.

Nama-nama macam Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick, Jay Idzes, Nathan Tjoe A-On, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye punya darah keturunan Indonesia-Belanda.

Maklum, kedua negara tersebut memang memiliki sejarah yang cukup panjang di masa lalu. Diketahui, pemerintah kolonialisme Belanda pernah menguasai Indonesia selama lebih dari tiga abad.

Oleh karena itu, tidak heran kalau mereka punya rekam jejak Indonesia. Sandy Walsh misalnya yang memiliki garis keturunan Indonesia dari sang Ibu. Kakeknya lahir di Surabaya dan nenek di Purworejo, Jawa Tengah.

Sementara Ivar Jenner memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya. Ibu dari sang ayah lahir di Jember, Jawa Timur. Kemudian Justin Hubner punya garis keturunan Indonesia dari sang kakek yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya Thom Haye memiliki keturunan Indonesia dari sang kakek yang lahir di Solo, Jawa Tengah. Selain itu, neneknya juga lahir di Indonesia, tepatnya di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa.

Sedangkan Ragnar Oratmangoen merupakan keturunan Maluku. Sang kakek lahir di Ambon. Berikutnya Jay Idzes. Darah Indonesia berasal dari kakeknya atau ayah dari ibunya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Sama seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe A-On dan Shayne Pattynama juga memiliki garis keturunan Indonesia yang kebetulan sama-sama kelahiran Semarang. Nathan dari sang kakek atau ayah dari ibunya, sedangkan Shayne melalui ayahnya yang juga berdarah Maluku.

Adapun Rafael Struick memiliki darah Indonesia dari kedua orang tuanya. Ibu Rafael bernama Soraya Noraly Soedito merupakan keturunan Jawa-Suriname. Sementara sang nenek atau ibu dari ayahnya berasal dari Semarang.

4 dari 4 halaman

Spanyol dan Inggris

Lalu, bagaimana dengan Jordi Amat dan Elkan Baggott?

Jordi berdarah Indonesia-Spanyol. Nenek Amat berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sementara Elkan Baggott mendapatkan paspor Indonesia tanpa menjalani proses naturalisasi.

Bek berusia 21 tahun itu memilih untuk menjadi WNI di usia yang masih di bawah 20 tahun. Elkan Baggott merupakan pemain blasteran Indonesia-Inggis. Ibunya berasal dari Indonesia dan ayahnya dari Inggris.

Elkan mirip dengan Irfan Bachdim, yang memilih paspor WNI pada 2010.

Sayangnya, Elkan belum kembali ke Timnas Indonesia. Shin Tae-yong belum memanggilnya lagi setelah ada masalah internal sejak play-off Olimpiade 2024.

Video Populer

Foto Populer