Sukses


Warning! Nova Arianto Blak-blakan Ada Beberapa Pemain Timnas Indonesia U-17 yang Star Syndrome, Namanya Rahasia

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia U-17 Sudah menggelar uji coba menghadapi Timnas India U-17. Hasilnya, skuad asuhan Nova Arianto mampu menang dengan skor 3-1 dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Minggu malam (25/8/2024).

Tiga gol kemenangan Timnas U-17 dilesakkan oleh Evandra Florasta pada menit ke-15 melalui sepakan penalti, Fandi Ahmad Muzaki di menit ke-51, dan Mochammad Mierza Firjatullah di menit ke-62.

Gol semata wayang Timnas India U-17 berhasil dilesakkan Levis Zangminlun di menit ke-53. Kemenangan 3-1, tampaknya belum membuat Nova Arianto puas begitu saja. Masih banyak catatan yang dimiliki Nova.

Bahkan ia mengatakan ada beberapa pemain di Timnas Indonesia U-17 yang mulai besar kepala atau bisa dikatakan sudah mulai star syndrome.

"Hanya ada beberapa pemain saya yang mulai tinggi hati, mulai sombong. Ini sebenarnya jadi awal kehancuran mereka," tegas Nova usai pertandingan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Namanya Rahasia

Namun ia tidak mau menyebut siapa pemain yang dimaksud.

"Sebenarnya semua pemain harus bekerja keras seperti saat kami belum bermain di Piala AFF U-16. Harapannya Hal seperti ini tidak terjadi lagi dan semua pemain perlu introspeksi diri," tambah Nova.

Terlepas dari Hal tersebut, Nova menjelaskan bahwa Masih ada catatan yang perlu diperbaiki. Konsentrasi dan komunikasi di lini belakang menjadi catatan serius yang harus diperbaiki oleh Nova.

Setidaknya perbaikan sudah terlihat saat uji coba kedua menghadapi Timnas India U-17 pada Selasa malam (27/8/2024).

3 dari 4 halaman

Belum 100 Persen Padu

Di samping itu, komunikasi antar pemain belum 100 persen padu. Seperti saat Dafa Al Gazemi yang terlambat menutup pergerakan bola di kotak penalti di menit-menit akhir pertandingan. Evaluasi menurut Nova harus segera dilakukan.

"Yang pasti fokus pemain bisa dilihat. Di babak pertama dan kedua ada kesalahan sendiri. Anak-anak harus bisa mengatur ritme pertandingan. Transisi juga diperlukan. Saya inginnya setelah mendapatkan bola, bawa kedepan. Tetapi banyak kehilangan bola dan ini jadi catatan kami," bebernya.

4 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Asia

Sebab di kualifikasi Piala Asia U-17 pada Oktober, level permainan lawan di fase grup akan jauh berbeda.

"Catatan kami, beberapa komunikasi pemain tidak berjalan dengan baik. Level di kualifikasi Piala Asia u-17 nanti akan berbeda dan pasti negara berada di atas kami. Saya Minta semua pemain untuk berkomunikasi lebih baik lagi kedepannya agar kejadian seperti ini tidak terulang," tegas Nova.

Sementara itu Pelatih Timnas India U-17 Ishfaq Ahmed menjelaskan jika uji coba menghadapi Timnas Indonesia U-17 menjadi awal yang penting. Sebab India akan berada di grup D bersama tuan rumah Thailand, Brunei Darussalam, dan Turkmenistan.

"Menghadapi Timnas Indonesia, menjadi pengalaman yang sangat berharga. Kami di kualifikasi nanti akan menghadapi Thailand. Mungkin mereka ada di level permainan yang sama dengan Indonesia. Dengan hasil ini, kami bisa melakukan peningkatan permainan kedepannya," katanya.

Video Populer

Foto Populer