Sukses


Pengamat Sepak Bola Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Absennya Elkan Baggott di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Senior, Shin Tae-Yong tidak menyertakan nama Elkan Baggott dalam skuad yang akan bertanding melawan Arab Saudi dan Australia di fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hal itu tentu saja menimbulkan beberapa dugaan dari publik sepak bola Indonesia termasuk kemungkinan hubungan yang tidak harmonis antara Shin Tae Yong dengan Elkan Baggott.

Untuk melawat ke kandang Arab Saudi, Shin Tae Yong memboyong memanggil 26 pemain tanpa ada nama Elkan Baggott.

Pengamat sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo mengatakan ada dua hal penting yang muncul dari keengganan Shin Tae Yong memanggil Elkan Bagot. Kesit menilai absennya Elkan Baggott akan menjadi sebuah kerugian karena peran Elkan Baggott di pertandingan sebelumnya sangatlah penting.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kerugian buat Timnas Indonesia

Kehadiran Elkan Baggott masih kata Kesit jika dilihat dari sisi non teknisnya akan membuat lawan-lawan Indonesia sedikitnya kena mental karena pemain belakangnya mempunyai reputasi bagus di Liga Inggris.

"Terkait tidak dipanggilnya Elkan Baggott tentu ini menjadi sebuah kerugian karena perannya Elkan Baggott di klub Liga Inggris sebenarnya progresnya sangat bagus begitupun di pertandingan-pertandingan sebelumnya bersama Timnas Indonesia," kata Kesit Budi Handoyo kepada Bola.com, Senin pagi (26/8/2024).

"Setidaknya kalau ada Elkan Baggott, dari sisi non teknisnya, lawan akan melihat, oh Indonesia punya pemain belakang yang bermain di Liga Inggris. Ini kan bisa menjadi tambahan moral untuk Timnas Indonesia sehingga lawan akan semakin memperhitungkan Indonesia," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Hak Pelatih

Namun, Kesit menegaskan nasi sudah menjadi bubur, apalagi pelatih Shin tae Yong sendiri sudah memastikan bahwa Elkan Baggott tidak masuk dalam skuadnya kali ini.

"Terlepas dari persoalan non teknis saya pikir itu adalah haknya pelatih. Yang penting, Shin Tae Yong harus benar-benar menyiapkan pemain pengganti yang akan menempati posisi yang sama dengan Elkan Baggott," ujarnya.

Selain itu, masik kata pria yang sering tampil di layar televisi nasional sebagai komentator jalannya pertandingan sepak bola ini, Shin Tae Yong harus benar-benar menyiapkan timnya di sisa waktu yang ada agar publik percaya bahwa semua pemain yang dibawanya bisa memberikan yang terbaik di laga berat melawan Arab Saudi dan Australia.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada 6 September dan menjamu Australia pada 10 September.

"Diharapkan menyiapkan tim sebaik mungkin, dan uji coba yang betul-betul harus dilakukan dengan tim yang levelnya diatas kita. Saya kira sudah menjadi kewajiban ya PSSI menyediakan lawan yang bermutu untuk Timnas Indonesia sebelum akhirnya mereka melawan Arab Saudi dan Australia," Kesit Budi Handoyo mengakhiri pembicaraan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer