Sukses


Hari Bersejarah Bek Timnas Indonesia Jay Idzes, Debut di Serie A dan Bikin Eks Bomber Juventus Mati Kutu

Bola.com, Jakarta - Menjadi hari yang bakal selalu dikenang oleh bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, Minggu (25/8/2024) malam WIB. Ia memecahkan rekor sebagai pemain yang menyandang status anggota Timnas Indonesia pertama dalam sejarah yang punya caps di Liga Italia atau Serie A.

Ia bermain sebagai starter saat Venezia menghadapi tuan rumah Fiorentina pada lanjutan pekan kedua Serie A di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Minggu (25/8/2024) malam WIB.

Duel antara Fiorentina melawan Venezia akan menyita penggemar sepak bola di Indonesia. Jay Idzes resmi menandai debutnya di Serie A. Sekaligus mencatat sejarah sebagai pemain Timnas Indonesia pertama yang bermain di Liga Italia.

Kehadiran Jay Idzes di sektor belakang Venezia membawa dampak positif. Lini belakang I Lagunari bermain solid sepanjang babak pertama dan bahkan hampir mencetak gol pada 45 menit pertama.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Benteng Tangguh

Jay Idzes tampil sejak menit pertama di markas Forentina. Oleh pelatih Eusebio Di Francesco, ia ditugasi menjadi bek sentral di depan penjaga gawang Jesse Joronen.

Jay menempati posisi Michael Svoboda yang melakukan blunder pada pertandingan pertama di markas Lazio. Postur tinggi dan ketenangannya dalam menjaga wilayah, membuat lini pertahanan Venezia aman meski mendapat serangan pemain La Viola.

Penampilan Idzes terbilang ciamik, mengawal wilayahnya dengan bersih, meski sering berduel dengan mantan bomber Juventus Moise Kean.

Moise Kean dibuat hanya bisa berlari-lari mengejar bola daerahnya. Jay Idzes juga kerap menutup ruang tembak dari posisi Moise Kean. Salah satu tembakannya melenceng dari sasaran karena gangguan dari Jay Idzes.

3 dari 5 halaman

Hampir Cetak Gol

Ada momen Jay Idzes nyaris membawa Venezia unggul pada menit ke-18. Pada momen itu, dia mendapatkan umpan brilian Alfred Duncan yang diawali dari skema sepak pojok.

Menerima bola di depan gawang, Jay melakukan tendangan first time. Sayang, bola tendangan kaki kanannya melambung di atas mistar gawang.

Jay terus menjadi andalan Venezia di babak kedua. Rating pemain berusia 24 tahun di babak pertama paling menonjol di antara yang lain, 4,8. Jay melakukan 96 operan sukses, 3 kali sapuan, dan 1 intersep, dan 100 persen tekel sukses. Statistik yang luar biasa.

4 dari 5 halaman

Tak Bermain Penuh

Sayangnya, kiprah pemain yang akrab disapa Bang Jay berhenti pada menit ke-68. Bek berdarah semarang itu mengalami kram dan ditarik keluar.

Jay digantikan bek Austria, Michael Svoboda. Venezia berhasil mempertahankan skor 0-0 dan membawa pulang 1 poin dalam lawatan ini dan untuk sementara nangkring di peringkat 17 dengan nilai satu.

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan di Serie A saat Ini

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer