Sukses


Skenario Masa Depan Pratama Arhan: Bertahan di Suwon FC, Hijrah ke Eropa, Pindah ke Jepang, tapi Tidak Bermain di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mertua Pratama Arhan, Andre Rosiade, membeberkan berbagai skenario masa depan menantunya yang nyaris tidak pernah bermain di klub Korea Selatan, Suwon FC.

Setelah dua tahun bermain untuk tim Jepang, Tokyo Verdy, dengan total empat penampilan, Pratama Arhan menandatangani kontrak semusim plus opsi perpanjangan semusim bersama Suwon FC pada Januari 2024.

Namun, karier Arhan tidak semulus yang dibayangkan. Sama ketika masih di Tokyo Verdy, ia juga jarang masuk skuad Suwon FC. Bahkan, Arhan baru sekali diberikan kesempatan bertanding di Liga Korea Selatan.

Debut Pratama Arhan bersama Suwon FC terjadi ketika kalah 0-1 dari Jeju United pada 26 Mei 2024. Dia masuk sebagai pengganti pada menit ke-73. Tiga menit berselang, Arhan diusir keluar wasit karena menerima kartu merah.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tawaran Perpanjangan Kontrak

Andre mengungkapkan bahwa Pratama Arhan telah mendapatkan tawaran perpanjangan kontrak dari Suwon FC selama setahun lagi. Selain itu, klub Jepang disebutnya juga tertarik memulangkan bek Timnas Indonesia itu ke Negeri Sakura.

"Seluruh keputusan ada di tangan Arhan. Ada beberapa skenario, apakah tetap bertahan di Suwon FC," ujar Andre di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Minggu (26/8/2024) malam WIB.

"Saya dengar dari Arhan, apakah akan berangkat ke Eropa, pindah klub di Korea Selatan. Dari Jepang juga ada yang memberikan penawaran," ucap anggota DPR RI dari Partai Gerindra tersebut.

3 dari 3 halaman

Lebih Baik Bermain di Luar Negeri

Namun, Andre menutup peluang kemungkinan Pratama Arhan kembali ke Indonesia. Dia pernah bermain untuk PSIS Semarang pada 2020-2022 sebelum abroad ke Jepang dan Korea Selatan.

"Yang jelas, Arhan tidak pulang ke Indonesia. Menurut saya, Arhan jauh lebih berkembang jika bermain di luar negeri," ungkap ayah dari Azizah Salsha, istri Pratama Arhan itu.

Terdekat, Arhan akan dipanggil Timnas Indonesia untuk dua pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Arab Saudi dan Timnas Australia

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer