Sukses


Komparasi Prestasi Pelatih Timnas Indonesia U-20 vs Argentina: Indra Sjafri Punya Lebih Banyak Koleksi Trofi!

Bola.com, Jakarta - Duel antara Timnas Indonesia U-20 melawan Argentina U-20 pada ajang Seoul Earth On Us Cup 2024 menyajikan catatan yang menarik antara pelatih kedua kubu, yakni Indra Sjafri dan Claudio Gugnali.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia U-20 melawan Argentina U-20 ini bakal berlangsung pada Rabu (28/8/2024). Kejuaraan ini menjadi kesempatan yang berharga bagi anak asuh Indra Sjafri.

Pasalnya, Argentina U-20 memiliki rekam jejak yang sangat mentereng. Mereka setidaknya sudah enam kali menjuarai Piala Dunia U-20. Tak hanya itu, mereka sudah menang lima kali pada ajang Piala Amerika Selatan U-20.

Kiprah kedua pelatih yang akan saling beradu taktik pada pertandingan ini, yakni Indra Sjafri dan Claudio Gugnali, layak menjadi perhatian tersendiri. Berikut Bola.com menyajikan ulasan kedua pelatih tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Prestasi Indra Sjafri

Indra Sjafri datang dengan reputasi yang cukup mentereng bersama Timnas Indonesia U-20. Sebab, pelatih berusia 61 tahun itu baru saja mengantarkan anak asuhnya menjuarai ajang Piala AFF U-19 2024.

Ini melengkapi sederet prestasi gemilang mantan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI itu di level junior. Sebab, setahun sebelumnya, dia sukses mempersembahkan medali emas bersama skuad Garuda Muda pada SEA Games 2023.

Sebelumnya, Indra Sjafri juga punya beberapa prestasi yang cukup membanggakan. Dia pernah menjuarai Piala AFF U-19 2013, hingga meraih trofi Piala AFF U-23 2019. Tak hanya itu, ada pula medali perak SEA Games 2019 hingga peringkat ketiga Piala AFF U-19 pada 2017 dan 2018.

 

3 dari 4 halaman

Kiprah Claudio Gugnali

Sebetulnya, tak ada banyak data yang bisa dihimpun untuk menyingkap rekam jejak Claudio Gugnali sebagai pelatih Timnas Argentina U-20. Jika merujuk Transfermarkt, dia sudah bertugas sejak Agustus 2022.

Namun, pada mulanya, dia menjabat sebagai Kepala Pelatih Akademi Argentina U-20. Dalam masa yang bersamaan, juru taktik berusia 64 tahun itu juga menjadi pelatih kepala Timnas Argentina U-18.

Salah satu kiprah terbaiknya tersaji selama rentang waktu 2011 hingga 2014. Sebab, dalam masa-masa tersebut, dia menjadi asisten pelatih Timnas Argentina saat mendampingi Alejandro Sabella.

 

4 dari 4 halaman

Modal Argentina

Sebelum menghadapi ajang Seoul Earth On Us Cup 2024, Timnas Argentina U-20 sudah terlebih dahulu mengarungi beberapa kejuaraan. Salah satunya yakni turnamen di Jepang yang diikuti Argentina, Universitas Shizouka, Korea Selatan, dan Jepang.

Hasilnya, anak asuh Claudio Gugnali sukses mendapatkan gelar juara karena tampil tak terkalahkan. Mereka setidaknya mampu meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Dari segi hasil memang cukup oke.

Mereka tercatat mampu menumbangkan Universitas Shizouka (1-0). Lalu, Korea Selatan ikut menjadi korban via adu penalti setelah duel berakhir imbang 1-1. Adapun duel melawan Jepang berakhir imbang 0-0.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer