Sukses


Jay Idzes Debut di Serie A, Pengamat: Jadi Inspirasi dan Pembuka Jalan Pemain Indonesia di Kancah Eropa

Bola.com, Jakarta - Jay Idzes baru saja mengukir tinta emas bersama Venezia. Bek berusia 24 tahun itu menjadi pemain pertama Indonesia yang mentas di Serie A.

Bek berdarah Belanda-Indonesia itu tampil sebagai starter ketika Venezia mengimbangi tuan rumah Fiorentina 0-0 dalam partai kedua Serie A 2024/2025 di Stadio Artemio Franchi, Firenze, Senin (26/8/2024) dini hari WIB.

Namun, Jay Idzes tidak bermain penuh. Pemain Timnas Indonesia itu diganti Michael Svoboda pada babak kedua, tepatnya di menit ke-68.

"Senang dengan poin pertama musim ini. Akan ada lebih banyak lagi! Sangat bangga menjadi pemain Indonesia pertama yang pernah bermain di Serie A!" ujar Jay Idzes dalam akun Instagramnya, Senin (26/8/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pembuka Jalan Pemain Lain

Aksi Jay Idzes dalam debutnya di Liga Italia mendapat pujian masyarakat Indonesia. Satu di antaranya datang dari pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto. Juru taktik berusia 47 tahun itu sangat bangga dengan prestasi yang diukir Bang Jay.

"Tentu saja kami bangga mempunyai pemain Timnas yang bisa debut di Serie A, yang mana menjadi salah satu liga top di Eropa," kata Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Selasa (27/8/2024) sore WIB.

"Menjadi yang pertama yang juga harapan kita semoga jadi jalan pembuka untuk pemain-pemain Indonesia saat ini ataupun masa yang akan datang untuk bisa mengikuti jejak karier Jay di Serie A," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Berdampak Positif

Asisten pelatih PSIM Yogyakarta itu mendoakan karier Jay Idzes terus menanjak dan mendapatkan tempat utama di tim yang dibelanya. Erwan juga berharap kesuksesan Jay di Italia berdampak positif buat Timnas Indonesia sekaligus menjadi inspirasi bagi para pemain lainnya.

"Semoga prestasi Jay Idzes secara individu dan tim terus terjaga dengan baik, serta membawa dampak untuk Timnas Indonesia yang akan berjuang untuk bisa lolos Piala Dunia 2026," ucap Erwan Hendarwanto.

 

4 dari 4 halaman

Road to Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia tidak lama lagi melanjutkan kiprah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim berjulukan Garuda itu tergabung di Grup C bersama Timnas Australia, Timnas China, Timnas Bahrain, Timnas Jepang, dan Timnas Arab Saudi.

Pada matchday pertama skuad Merah-Putih dijadwalkan menjalani partai away ke kandang Timnas Arab Saudi di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah (5/9/2024).

Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia yang menjadi tuan rumah dengan menjamu Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer