Sukses


Wonderkid FC Eindhoven Bermimpi Main untuk Timnas Indonesia, Kini Loek Schiffer Tunggu Panggilan dari PSSI

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali berpotensi diperkuat pemain keturunan dan kali ini akan mengisi lini tengah. Potensinya yang luar biasa bakal memberikan kontribusi besar bagi armada Shin Tae-yong.

Adalah Loek Schiffer, pemain keturunan Indonesia - Belanda yang terang-terangan menyatakan ingin pindah kewarganegaraan. Pemain yang neneknya berasal dari Jawa ini tentunya menambah panjang daftar pemain keturunan asal Belanda yang menjadi Warga Indonesia (WNI) via program naturalisasi.

Adapun Loek Schiffer saat ini masih bermain bersama FC Eindhoven U-21, Belanda, berperan sebagai gelandang serang. Tak hanya gelandang serang, wonderkid yang masih berusia 19 tahun juga bisa diplot sebagai winger.

Keinginan Loek Schiffer untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia terungkap dalam tayangan YouTube Yussa Nugraha belum lama ini.

"Tentunya bagi saya suatu mimpi untuk bisa bermain di Timnas Indonesia dan Timnas Belanda," kata Loek Schiffer dengan nada mantap.

"Tapi kalau aku lihat secara realistis di posisiku sekarang, maka Timnas Indonesia opsi yang sangat bagus," imbuh kelahiran 28 Januari 2005.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Belum Ada Kontrak

Loek Schiffer menyerahkan semuany kepada PSSI. Yang pasti, bila ia mendapat kesempatan dan kepercayaan tentunya tak akan dilewatkan begitu saja.

"Kita tentunya enggak akan tahu apa yang akan terjadi, tapi aku sangat luar biasa jika bisa bermain bersama Timnas Indonesia," ujar Loek Schiffer.

Meski belum ada komunikasi dengan PSSI, tapi Loek Schiffer sudah pernah menyampaikan niatnya kepada Fardy Bachdim.

Fardy Bachdim, yang tak lain adalah kakak kandung dari mantan pemain timnas Irfan Bachdim, selama ini sosok penting di balik naturalisi sejumlah pemain seperti Ivar Jenner, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick.

Hanya saja, sejauh ini belum ada kelanjutan lagi. "Kita sempat kontak. Dia punya perusahaan agency juga dan dia juga orang Indonesia. Kami ngobrol beberapa kali," kata Loek Schiffer.

 

3 dari 3 halaman

Minta Saran Jay Idzes

Loek Schiffer juga pernah minta saran kepada Jay Idzes, saat bek tangguh itu masih bermain di Liga Belanda atau belum terbang ke Italia menerima pinangan Venezia.

"Aku minta saran Jay atau sesuatu jika saya ingin tahu tentang Indonesia. Sangat keren," kata Loek Schiffer sembari menambahkan kalau dirinya sesekali memantau perkembangn Timnas Indonesia pascakehadiran pemain-pemain keturunan.

"Menurutku itu pilihan yang bagus karena Indonesia kemarin belum terkenal di dunia sepak bola. Jadi menurutku mereka bisa besarkan sepak bola da sekilgus negara Indonesia juga. Sangat keren melihat perkembangannya sekarang," tukas Loek Schiffer.

Kehadiran Loek Schiffer pastinya membuat pelatih Shin Tae-yong punya banyak alternatif di lini tengah. Selama ini, juru taktik berpaspor Korea Selatan mengandalkan Thom Haye sebagai motor serangan.

Mengingat Thom Haye sudah berusia 29 tahun, sudah saatnya bagi Shin Tae-yong untuk secepatnya mencari pelapis dan Loek Schiffer bisa masuk daftar pertimbangan.

Video Populer

Foto Populer