Sukses


Mengulas Performa Adi Satryo, Calon Kiper Andalan Timnas Indonesia saat Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Semarang - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali memanggil penjaga gawang PSIS Semarang, Muhammad Adi Satryo, menjelang dua pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Adi Satryo menjadi salah satu kiper yang berpotensi memperkuat Timnas Indonesia saat berjumpa Arab Saudi dan Australia. Adapun satu nama lainnya yang juga telah muncul ke permukaan ialah Ernando Ari Sutaryadi.

Dua nama inilah yang berpotensi jadi senjata andalan di bawah mistar gawang saat berjumpa Arab Saudi. Sebab, kiper kelahiran Belanda, Maarten Paes, baru bisa diturunkan ketika duel melawan Australia.

Adi Satryo memang tengah mengukir catatan yang kinclong bersama PSIS Semarang pada awal musim ini. Tak heran, jika jajaran pelatih Timnas Indonesia kembali memanggilnya untuk agenda terdekat.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Statistik Adi Satryo

Performa impresif yang diperlihatkan PSIS Semarang pada awal musim ini memang tak bisa dilepaskan dari andil Adi Satryo. Dari tiga laga awal, kiper berusia 23 tahun itu sukses membantu Mahesa Jenar meraih dua kemenangan.

Dalam dua hasil positif itu, Adi berhasil mengukir cleansheet. Gawangnya bersih dari gol saat timnya menumbangkan Persis Solo dan PSBS Biak. Kedua laga ini berakhir dengan skor yang identik, yakni 1-0.

Yang menarik, kiprah Adi tak jauh berbeda dengan kompatriotnya, Ernando Ari, bersama Persebaya. Sebab, Ernando juga bisa mengukir dua nirbobol dan hanya sekali kebobolan pada awal musim ini.

3 dari 5 halaman

Kinclong di Awal Musim

Tak hanya berhenti di situ, Adi Satryo juga menjadi salah satu kiper yang paling banyak mengukir penyelamatan. Dari tiga laga, dia sudah menghasilkan enam saves. Angka itu membawanya bersaing di jajaran kiper elite BRI Liga 1.

Dengan catatan itu, Adi hanya kalah dari kiper PSS Sleman, Alan Jose Bernardon (11 saves), kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata (9 saves), dan penjaga gawang Persita Tangerang, Igor Carreira Rodrigues (7 saves).

Catatan semacam ini tentu menjadi modal berharga untuk menambah kepercayaan diri kiper asal Tangerang itu apabila mendapatkan kepercayaan dari STY mengawal gawang skuad Merah Putih pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

4 dari 5 halaman

Bukan Nama Baru

Adi Satryo memang bukanlah sosok kiper yang asing bagi Shin Tae-yong. Sebab, sejak masih berusia muda, dia menjadi salah satu penjaga gawang andalannya ketika membangun Timnas Indonesia U-19.

Ketika itu, Adi jadi pilihan utama Shin Tae-yong ketika Timnas U-19 menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang di Kroasia. Ajang ini jadi persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya diundur karena pandemi COVID-19.

Dari delapan laga uji coba di Kroasia, Adi hanya absen satu kali saja, tepatnya saat STY menjajal kualitas Erlangga Setyo. Debutnya di Timnas Indonesia senior tercipta di bawah asuhan pelatih Korea Selatan itu, tepatnya ketika menghadapi Oman pada Mei 2021.

5 dari 5 halaman

Biodata Adi Satryo

Nama Lengkap: Muhammad Adi Satryo

Tanggal Lahir: 7 Juli 2001

Tempat Lahir: Tangerang

Posisi: Penjaga Gawang

Tinggi: 179 cm

Karier: PSMS Medan (2020-2021), PSS Sleman (2021-2022), Persik Kediri (2022-2023), PSIS Semarang (2023-sekarang)

Timnas: U-19 (7 Caps), U-23 (7 caps), senior (2 caps)

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer