Sukses


Mengenal Sosok Cyrus Margono, Dewa Pelindung Gawang yang Tidak Kunjung Membela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mimpi Cyrus Margono untuk memperkuat Timnas Indonesia hanya tinggal mimpi. Kiper berusia 22 tahun itu kini bahkan tak lagi punya klub. Miris.

Masih ingat Cyrus Margono? Ia resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa naturalisasi pada 21 Maret 2024. Itu karena Cyrus Margono punya dua kewarganegaraan ganda, Indonesia dan AS.

Mengacu ke UU RI Nomor 12/2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal enam menyebutkan bahwa kewarganegaraan ganda bisa mendapatkan status WNI tanpa perlu naturalisasi.

Kelahiran Amerika Serikat, 9 November 2001, pun berharap bisa masuk skuad Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Meski lahir di Negara Paman Sam, ayah Cyrus Margono, Johan Margono, dibesarkan di Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan ibunya berkebangsaan Iran. Mereka menetap di Amerika Serikat.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ideal Sebagai Kiper

Keinginan Cyrus Margono untuk memperkuat Timnas Indonesia sebenarnya berasalan. Selain sudah mengantongi KTP Indonesia, ia saat itu masih tercatat sebagai penjaga gawang Panathinaikos B, tim cadangan Panathinaikos di Liga Super Yunani 2.

Sebelum merapat ke Panathinaikos B pada 2021, Cyrus Margono sempat ditempa di akademi New York Soccer Club dan Met Oval Academy.

Dengan tinggi badan 190 cm dan postur cukup tegap, Cyrus Margono sebenarnya cukup ideal sebagai kiper. Dengan semua pengalaman, postur, dan skill yang dimilikinya membuat Cyrus Margono merasa percaya diri bakal mendapat panggilan dari Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Tidak Dapat Panggilan dari Shin Tae-yong

Namun, tunggu ditunggu, nanti dinanti, panggilan tak datang jua. Cyrus Margono berada di persimpangan, tepat lima bulan sejak ia memutuskan menjadi WNI.

Selama itu pula, Timnas Indonesia telah melakoni sederet laga Internasional, termasuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kans Cyrus Margono untuk masuk ke Timnas Indonesia sepertinya sudah terkubur, menyusul kedatangan Maarten Paes. Bisa dipastikan, kiper kepunyaan FC Dallas, Amerika Serikat, itu menjadi pilihan utama STY selain Ernando Ari.

Tak ada yang tahu pasti, mengapa Shin Tae-yong tak juga melirik Cyrus Margono. Satu yang pasti, beberapa waktu lalu, saat Cyrus Margono jadi buah bibir, pelatih 53 tahun tersebut mengaku belum pernah melihat langsung aksi Cyrus Margono.

"Jadi saya tak bisa bicara apa-apa," kata Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Kehilangan Klub, Bikin Frustrasi

Terkini diketahui, Cyrus Margono resmi menjadi pengangguran alias tak punya klub. Kontraknya di Panathinaikos B sudah berkhir pada pekan pertama Juli lalu.

Belum diketahui, ke mana destinasi Cyrus Margono ke selanjutnya. Tanpa klub, akan sangat sulit bagi PSSI dan Shin Tae-yong untuk memantau perkembangan Cyrus Margono.

Rasa frustrasi membuat Cyrus Margono mencoba menghilangkan jejak dengan cara menghapus akun Instragamnya. Cyrus Margono tampaknya benar-benar sedih, kecewa, sekaligus geram.

Semoga ada secercah harapan untuk Cyrus Margono. Semangat!

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer