Sukses


BRI Liga 1: Hokky Caraka Dapat Pujian dari Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan U-23

Bola.com, Sleman - Gelandang serang PSS Sleman, Moon Chang-jin, memuji kualitas para pemain Indonesia. Pemain asal Korea Selatan itu menyebut pesepak bola Indonesia memiliki potensi besar dan layak berkarier di luar negeri.

Meski belum lama berkarier di Indonesia, Moon rupanya mulai mengikuti perkembangan sepak bola nasional. Nama macam Pratama Arhan yang kini memperkuat satu di antara klub Korea Selatan, Suwon FC, tidak luput dari perhatiannya.

Moon Chang-jin pun mendoakan karier Pratama Arhan terus menanjak dan bisa bersaing di Suwon FC. Harapannya bakal membuka kesempatan pemain Indonesia lainnya berkiprah di Negeri Ginseng.

Pratama Arhan bergabung dengan Suwon FC pada Januari 2024. Bek berusia 22 tahun itu kemudian mencatatkan debut di K League 1 saat timnya kalah 0-1 dari Jeju United pada 26 Mei 2024. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lempar Pujian Kepada Hokky Caraka

Selain itu, gelandang serang berusia 31 tahun itu juga tidak segan melempar pujian kepada rekan setimnya, Hokky Caraka. Moon Chang-jin mengakui pemain Timnas Indonesia itu merupakan striker muda yang punya kemampuan istimewa.

"Saya juga terkejut bertemu dengan Hokky Caraka di PSS Sleman. Dia punya dribbling, fisik, dan shooting yang luar biasa bagus," kata Moon Chang-jin seperti dikutip dari situs resmi Liga Indonesia Baru (LIB).

"Jadi pemain Indonesia sebenarnya bisa ke Korea Selatan," sambung mantan anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan U-23 tersebut.

Andai berkesempatan abroad ke sana, Hokky Caraka bisa mengikuti jejak Pratama Arhan atau Asnawi Mangkualam yang lebih dulu merantau ke Korea Selatan. Asnawi yang kini berbaju Port FC di Liga Thailand, sempat membela dua tim K League 2: Ansan Greeners dan Joennam Dragons.

 

3 dari 4 halaman

Perkuat Korsel di Berbagai Kelompok Umur

Moon Chang-Jin adalah mantan anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan yang tampil di Olimpiade Rio 2016. Sebelum hijrah ke Indonesia, Chang-jin telah malang melintang memperkuat sejumlah klub.

Sebut saja Pohang Steelers, Seongnam FC, Gangwon FC, Incheon Utd, Sangju Sangmu, hingga Busan IPark.

Pencapaian terbaiknya yakni membawa Pohang Steelers meraih dua kali Korean Cup Winner serta satu kali South Korean Winner. Moon Chang-jin juga pernah memperkuat Timnas Korea Selatan di berbagai kelompok usia. Mulai U-19, U-21, U-22, hingga U-23.

4 dari 4 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer