Sukses


PSM Makassar Puncaki Klasemen BRI Liga 1, Bernardo Tavares Ingatkan Kompetisi Masih Panjang

Bola.com, Makassar - Pekan ketiga BRI Liga 1 2024/2025 tuntas digelar. PSM Makassar memimpin klasemen sementara dengan perolehan sembilan poin.

Tim berjulukan Juku Eja itu punya poin sama dengan Borneo FC yang membuntuti di posisi runner-up. Kedua kesebelasan memang mencatatkan performa gemilang dan tak terkalahkan dalam tiga laga awal Liga 1.

PSM Makassar tampil apik ketika membekuk Persis Solo dengan skor 3-0 (10/8/2024). Kemudian menang 2-1 atas PSBS Biak (16/8/2024) dan menghajar Dewa United 3-1 (26/8/2024).

Berbicara produktivitas gol, Pasukan Ramang sejauh ini sukses membukukan delapan gol dan kemasukan dua kali. Nermin Haljeta menjadi top scorer sementara PSM dengan torehan empat gol.

Adapun empat gol lainnya PSM Makassar dilesakkan Rizky Eka Pratama, Daisuke Sakai, Abdul Rahman dan Aloisio Soares Neto. Menariknya, enam gol di antaranya tercipta melalui skema open play. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Masih Bisa Ditingkatkan

Meski memulai start BRI Liga 1 dengan mulus, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menilai masih banyak yang bisa ditingkatkan dari penampilan anak asuhnya. Tidak ada waktu bersantai karena kompetisi masih sangat panjang.

"Kami sedang mencoba membangun keluarga baru. Kami harus melihat pertandingan-pertandingan yang kami menangkan dan melihat apa-apa yang masih bisa kami tingkatkan lagi,” ujar Bernardo Tavares seperti dikutip dari situs resmi LIB.

"Jika pada saatnya kami kalah nanti, karena pada suatu saat kami akan kalah, maka kami akan lihat lagi apa-apa yang perlu kami kembangkan,” sambung pelatih berlisensi Pro A UEFA itu. 

 

3 dari 5 halaman

Tetap Realistis

Juru taktik asal Portugal itu juga meminta kepada suporter untuk tetap realistis. Rekor tiga kemenangan beruntun, tidak bisa dijadikan acuan posisi tim ke depan. Semua hal masih bisa terjadi karena tim lain juga akan terus berbenah.

“Saya ingin menyampaikan pesan kepada suporter. Pesannya yaitu, kami baru memenangkan tiga pertandingan. Musim ini belum selesai. Masih sangat panjang," katanya.

"Kita ambil contoh, RANS Nusantara FC musim lalu. Mengumpulkan 30 poin di putaran pertama BRI Liga 1, namun di akhir musim mereka harus terdegradasi," lanjut Bernardo Tavares.

 

4 dari 5 halaman

Kerja Keras Elemen Tim

Nermin Haljeta yang memuncaki daftar top skor sementara BRI Liga 1 2024/2025 menyebut capaian itu berkat kerja keras seluruh elemen tim. Menurutnya, skuad PSM Makassar menunjukkan kekompakan yang luar biasa, baik di dalam maupun luar lapangan.

"Kerja keras saat latihan dan kerja keras tim. Anda tidak bisa melakukannya sendirian,” ucap Nermin Haljeta.

“Masih banyak pertandingan ke depannya untuk dilalui. Jadi kami akan melewatinya selangkah demi selangkah. Sampai nanti kami akan lihat sampai dimana akhirnya,” imbuh pemain asal Slovenia berusia 27 tahun itu.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer