Sukses


Mengakui Banyak PR, Nova Arianto Pede Timnas Indonesia U-17 Bisa Lebih Baik saat Menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 telah merampungkan pemusatan latihan atau training center (TC) tahap pertama di Bali. Agenda ini bagian dari persiapan Garuda Muda untuk berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Setelah ini, tim besutan Nova Arianto itu bakal melanjutkan pemusatan latihan di Spanyol dan Qatar. Rencananya ada dua kali uji coba di Qatar antara 1-8 Oktober sebelum menuju Kuwait.

Garuda Muda tergabung dalam Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mereka akan bersaing melawan tuan rumah Kuwait U-17, Australia U-17, dan Kepulauan Mariana Utara U-17.

Selama TC di Bali, Mathew Baker dkk. juga melakoni dua partai uji coba melawan India U-17 pada 25 dan 27 Agustus di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-17 meraih sekali kemenangan dengan skor 3-1 dan kalah tipis 0-1 di pertemuan kedua.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ada Catatan

Nova Arianto mengatakan tujuan pemusatan latihan di Pulau Dewata adalah untuk mengembalikan kebugaran fisik pemain Timnas Indonesia U-17 pasca-tampil di Piala AFF U-16 beberapa waktu lalu. Sehingga hasil sebetulnya tidak terlalu penting.

"Done TC di Bali resmi berakhir memang fokus kami dalam TC kali ini adalah untuk membentuk kembali fisik dasar pemain," tulis Nova Arianto di akun Instagramnya, Kamis (29/8/2024) pagi.

"Tetapi dua uji coba yang dilakukan kami banyak mendapatkan catatan yang harus diperbaiki termasuk bagaimana mengelola psikologi pemain," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tantangan

Berkaca dari hasil uji coba tersebut, Nova Arianto menilai masih banyak hal yang perlu dibenahi. Mantan pemain Timnas Indonesia itu menyebut kesalahan individu yang dilakukan para pemain menjadi tantangan tersendiri tim pelatih.

"Kesalahan yang dilakukan pemain di lapangan menjadi tantangan buat kami untuk lebih detail dalam memperbaiki setiap individu pemain, karena pastinya banyak faktor kenapa mereka belum bisa berada di perform terbaiknya," katanya.

"Termasuk pemain belum menemukan kembali ritme pertandingan setelah ada jeda sehabis tampil di AFF U-16," lanjut Nova Arianto.

4 dari 4 halaman

Terus Berproses

Meskipun demikian, Nova Arianto yakin anak asuhnya perlahan bisa menemukan performa terbaik. Mereka masih sangat muda dan pastinya akan terus berproses. Perlu dicatat, proses untuk mematangkan tim muda membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Karena pastinya ini adalah proses yang sangat melelahkan buat mereka, karena bisa dipahami mereka sedang di usia untuk berkembang tetapi mereka harus melewati fase ini untuk bisa sukses ke depannya," ucap Nova Arianto.

Sementara di sisi lain, Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 diikuti 43 negara yang dibagi ke 10 grup. Masing-masing grup berisikan empat hingga lima kontestan. Fase ini digelar pada 19-27 Oktober 2024.

Nantinya 10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi, 3-20 April 2025. Piala Asia U-17 2025 juga bakal menjadi kualifikasi untuk Piala Dunia U-17 2025 Qatar.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer