Sukses


Petinggi Sevilla dan Espanyol Tidak Kaget dengan Kemajuan Timnas Indonesia, Berharap Ada Pemain yang Bisa Main di Liga Spanyol

Bola.com, Jakarta - Melesatnya perkembangan sepak bola Tanah Air, khususnya Timnas Indonesia, membuat dua petinggi klub La Liga Spanyol, RCD Espanyol dan Sevilla, menaruh perhatian lebih.

Timnas Indonesia memang memperlihatkan kemajuan pesat dalam 2-3 tahun terakhir. Sejak ditangani Shin Tae-yong, skuad Merah Putih memperlihatkan progress ciamik.

Jose María Del Nido Carrasco, Presiden Sevilla FC, mengatakan bahwa sepak bola Indonesia mesti di-maintain dengan baik. Ia menyarankan agar adanya peningkatan dalam hal infrastruktur dan kerja keras secara profesional.

"Terlihat jelas sepak bola Indonesia sedang berkembang, Timnas Indonesia semakin berkembang di ranking FIFA dan berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia, dan ada banyak faktor lainnya yang telah dilakukan dengan baik, peningkatan tersebut harus konsisten dilakukan secara terus-menerus: investasi dalam infrastruktur, kerja keras para profesional, baik pemain maupun pelatih," kata Carrasco.

"Ada pun semangat yang besar dari masyarakat pecinta olahraga dan sepak bola di negara tersebut dan kami menyadari pertumbuhan pesat tersebut berdasarkan peningkatan jumlah penggemar atau pengguna media sosial yang mengikuti Sevilla FC di negara tersebut, dan kami juga terbuka dan berharap untuk dapat menyumbangkan semua pengetahuan olahraga kami kepada federasi, kepada klub-klub di Indonesia dan untuk terus berkembang di suatu negara, dan di pasar tempat sepak bola berkembang."

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Berharap Ada Pemain Indonesia di Liga Spanyol

Lebih lanjut, Carrasco mengakui sebenarnya Liga Spanyol, khususnya Sevilla, selalu terbuka akan potensi-potensi yang tersebar di Asia, khususnya Indonesia. Ia sangat berharap ada pemain Indonesia berlaga di La Liga.

"Ya, sebenarnya kami mempunyai tim internasional di mana kami memiliki beberapa pemain yang ingin melanjutkan pelatihan olahraga, serta karier olahraganya di sini, dan salah satunya adalah pemain Indonesia."

"Semoga dalam waktu dekat kita bisa menikmati dan memiliki lebih banyak pemain berkebangsaan itu di Tim kami.

 

3 dari 3 halaman

Grassroots Memegang Peranan Penting

Senada dengan Carrasco, Joan Capdevila yang kini menjabat sebagai Institutional Relationships di Espanyol juga menilai faktor penting yang membuat sepak bola Indonesia melesat adalah komitmen mengembangkan sepak bola usia dini yang berbuah manis.

"Saya yakin komitmen sepak bola Indonesia terhadap pelatihan dan pendidikan semakin meningkat, seperti yang saya lihat sendiri saat mengikuti turnamen Piala Asia."

"Saya melihat perkembangan dari sepak bola akar rumput dan saya yakin di masa depan kita akan melihat pemain-pemain hebat di liga yang sangat kuat."

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer