Sukses


Wajah Baru Asia Timur di BRI Liga 1: Belum Ada Sosok Memikat, tapi Ada Pemain Yang Berpotensi Mengkilat

Bola.com, Jakarta - Invasi pemain asing Asia Timur di BRI Liga 1 2024/2025 masih terbilang masif. Musim ini, total ada 16 eskpatriat berasal dari Jepang dan Korsel yang tersebar di klub-klub kasta tertinggi Indonesia.

Dari jumlah itu, sembilan pemain merupakan wajah-wajah baru. Sisanya adalah pemain lama yang setidaknya lebih dari satu musim beredar di Tanah Air.

Di antara 18 kontestan BRI Liga 1 hanya empat klub yang tak memakai jasa pemain Asia Timur: Persib, Persebaya, Persik, dan PSIS.

Padahal Persebaya dan PSIS sempat dibela Taisei Marukawa yang langsung memikat pada debutnya di Indonesia. Kini penyerang sayap itu menjadi salah satu pemain berbanderol mahal yang direkrut Dewa United FC.

Pemain lama selain Taisei Marukawa, ada Kenzo Nambu, Mitsuru Maruoka, dan Ryo Matsumura, yang jadi komoditas laris yang diperebutkan klub. Sementara Kei Hirose, Sho Yamamoto, dan Bae Sin-young masih setia bersama Borneo FC, Persis, dan Persita.

Selama tiga pekan pergelaran Liga 1, belum nampak aksi memikat para debutan dari Ras Kuning seperti dilakukan para pendahulunya. Ada penyebab mereka belum bersinar. Salah satunya adalah jatah menit bermain.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Regulasi Pemain Asing

Regulasi pemakaian delapan pemain asing, wajah anyar Asia Timur harus bergantian dengan penggawa impor lainnya.

Kondisi ini jelas berbeda yang dialami Taisei Marukawa dan koleganya dua musim lalu dengan regulasi lama. Di mana enam pemain asing yang dimiliki klub bisa sering masuk starting XI di tiap pertandingan.

Noriki Akada yang didatangkan Madura United sudah tiga kali tampil, tapi hanya merumput total 42 menit. Bek kiri asal Korsel, Moon Chi-sun, lebih beruntung. Dari tiga kali bermain di Barito Putera, dia mengemas 224 menit.

Kompatriotnya, Moon Chang-jin, punya 205 menit bersama PSS. Takuya Matsunaga yang pernah berbaju Persipura merasakan main 136 menit dengan PSBS.

Dua pemain Semen Padang, Ryohei Michibuchi dan Kim Min-kyu masing-masing tampil selama 165 dan 90 menit. Mereka juga belum berkontribusi positif untuk timnya.

 

3 dari 3 halaman

Punya Potensi

Namun ada tiga pemain yang memberi warna bagi timnya. Tatsuro Nagamatsu mencetak gol untuk menghindarkan Malut United dari kekalahan saat tandang ke Madura United yang berakhir dengan skor 1-1.

Meski total masih mengemas 74 menit bermain, tapi Daisuke Sakai telah menyumbang satu gol ketika PSM menundukkan Dewa United 3-1.

Bek tengah milik Arema FC, Choi Bo-kyeong, telah ikut berjasa menjuarai Piala Presiden 2024 juga kokoh di lini belakang.

Video Populer

Foto Populer