Sukses


3 Momen Indra Sjafri Bisa Keluar dari Impitan dan Tekanan ketika Menangani Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, memperlihatkan catatan yang semakin membaik setelah anak asuhnya sukses memenangkan duel melawan Argentina U-20 pada Seoul Earth On Us Cup 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Mokodong Stadium, Seoul, Korea Selatan, Rabu (28/8/2024) siang WIB itu, Timnas Indonesia U-20 secara mengejutkan mampu comeback untuk memecundangi Argentina U-20 dengan skor 2-1.

Sebetulnya, skuad Garuda Nusantara sempat tertinggal terlebih dahulu pada babak pertama lewat gol Mirko Juarez Zemelich (18’). Namun, pada babak kedua, mereka bisa membalas dua gol melalui Kadek Arel (75’) dan eksekusi penalti Mouri Ananda (79’).

Ini menjadi catatan positif terbaru yang diukir Indra Sjafri bersama sebagai pelatih tim nasional, terutama di kelompok usia muda. Sebelumnya, dia pernah mengalami impitan dan tekanan yang tak jauh berbeda.

Namun, eks Direktur Teknik PSSI itu nyatanya tetap mampu keluar dari tekanan semacam ini dan akhirnya mempersembahkan prestasi bersama Timnas Indonesia U-20. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tumbangkan Argentina

Indra Sjafri memperlihatkan sejumlah kejelian saat mendampingi Timnas Indonesia U-20 menghadapi Argentina U-20. Ada beberapa keputusan yang berdampak positif, terutama setelah timnya tertinggal.

Salah satunya yakni mengganti tiga pemain yang tampil kurang optimal pada babak pertama. Camara Maiket, Arlyansyah Abdulmanan, dan Figo Dennis ditarik keluar. Mereka digantikan oleh Muhammad Ragil, Marselinus Ama Ola, dan Mouri Ananda.

Hasilnya, para pemain ini bisa menjadi kunci keberhasilan skuad Garuda Nusantara bangkit. Mouri Ananda, misalnya, mengukir assist untuk gol Kadek Arel dan mencetak gol via titik putih. Ama Ola dan Ragil sama-sama menghadirkan banyak ancaman ketika bermain.

 

3 dari 4 halaman

SEA Games 2023

Tangan dingin Indra Sjafri dalam meracik strategi juga sempat mendapatkan ujian dan tantangan berat saat mengasuh Timnas Indonesia U-22 pada ajang SEA Games 2023. Di fase semifinal, misalnya, Garuda Muda menghadapi laga sengit melawan Vietnam.

Kedua tim sempat berbalas gol, sebelum akhirnya Taufany mencetak gol kemenangan pada menit-menit akhir. Pertempuran ketat juga masih tersaji pada babak final saat menghadapi Thailand.

Sempat unggul 2-0, Indonesia malah kehilangan fokus pada babak kedua dan akhirnya dipaksa melanjutkan laga ke tambahan waktu. Beruntung, mentalitas para pemain Garuda Muda bisa bertahan untuk kembali unggul hingga akhirnya meraih medali emas lewat skor 5-2.

 

4 dari 4 halaman

Piala AFF U-19 2024

Pada kejuaraan yang paling terakhir, yakni pada Piala AFF U-19 2024, Indra Sjafri memperlihatkan kejeliannya dalam mempersiapkan taktik dan strategi, terutama ketika menghadapi fase-fase akhir.

Malaysia yang sempat menjadi tim paling produktif pada fase gugur pun sukses dijinakkan dengan skor 1-0. Saat memasuki fase final, Indra Sjafri juga bisa membuat anak asuhnya tetap fokus untuk mempertahankan keunggulan.

Pada mulanya, Garuda Nusantara sukses unggul pada babak pertama lewat gol Jens Raven (17’). Sepanjang pertandingan, berbagai gempuran serangan yang dilancarkan Thailand pun bisa dijinakkan dan akhirnya Indonesia keluar sebagai jawara Piala AFF U-19 2024.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer