Sukses


Daftar Pemain BRI Liga 1 yang Bela Timnas Indonesia Hadapi Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Stok Mulai Menipis, Banyak Tersisih

Bola.com, Jakarta - Daftar nama pemain yang mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia menjelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menyajikan sejumlah catatan menarik.

Sebelumnya, PSSI telah mengumumkan secara resmi daftar 26 pemain pilihan Shin Tae-yong yang akan mengikuti persiapan untuk menghadapi Arab Saudi dan Australia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Apabila dibedah, nama-nama pemain yang dipanggil tersebut tak jauh berbeda dari beberapa pemanggilan sebelumnya. Satu-satunya nama terbaru dalam daftar tersebut ialah Maarten Paes, kiper kelahiran Belanda yang sudah resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Uniknya, stok pemain yang tersedia di kompetisi domestik, yakni BRI Liga 1 2024/2025, semakin menipis. Shin Tae-yong lebih banyak memanggil pemain-pemainnya yang berkarier di luar negeri ketimbang mencari amunisi baru di kompetisi lokal.

Apabila dibandingkan, setidaknya ada 14 penggawa skuad Garuda yang saat ini berstatus abroad alias berkarier di luar negeri, sedangkan 12 pemain lainnya berasal dari BRI Liga 1. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Banyak yang Tersisih

Setidaknya, ada dua nama yang sempat dilepas klubnya untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia, yakni Yakob Sayuri dan Yance Sayuri. Duo pemain kembar ini sempat diumumkan oleh Malut United.

Namun, belakangan dua nama tersebut mengilang dari daftar. Yakob dan Yance disebut mengalami cedera sebelum berangkat memperkuat Timnas. Jika merujuk laga terakhir, keduanya sama-sama absen bersama Malut United.

Selain keduanya, masih ada beberapa pemain yang menjadi langganan tetapi kini tak lagi mendapatkan panggilan. Mereka adalah Marc Klok, Edo Febriansyah, Rachmat Irianto, hingga Elkan Baggott.

Hadirnya pemain-pemain keturunan memang akhirnya menipiskan peluang para pemain ini untuk memperkuat Timnas Indonesia. Mereka kalah bersaing dengan amunisi baru, sehingga harus tersisih dari skuad Garuda.

3 dari 4 halaman

Stok Mulai Menipis

Selain itu, ada tiga pemain asal klub BRI Liga 1 yang akhirnya kembali mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong. Ketiga nama yang dimaksud ialah Wahyu Prasetyo (Malut United), Ramadhan Sananta (Persis Solo), dan Hokky Caraka (PSS Sleman).

Pada dua laga terakhir menghadapi Irak dan Filipina, mereka tak mendapatkan panggilan Timnas Indonesia. Namun, kini ketiganya bisa kembali bertugas menjelang duel melawan Arab Saudi dan Australia.

Fakta ini juga semakin mengukuhkan bahwa stok pemain berkualitas di kompetisi lokal semakin menipis. Pasalnya, Shin Tae-yong tak memanggil nama-nama pemain baru yang layak dijajal kualitasnya bersama tim nasional.

Yang paling terakhir ialah Malik Risaldi. Setelah itu, tak ada lagi nama pemain lokal baru yang beredar di BRI Liga 1 yang mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kemampuannya bersama skuad Merah Putih.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain BRI Liga 1 di Timnas Indonesia

Kiper

  • Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)
  • Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang)
  • Nadeo Argawinata (Borneo FC)

Bek

  • Rizky Ridho
  • Muhammad Ferarri
  • Wahyu Prasetyo

Tengah

  • Ricky Kambuaya (Dewa United)
  • Egy Maulana Vikri (Dewa United)
  • Witan Sulaeman (Persija Jakarta)

Depan

  • Ramadhan Sananta (Persis Solo)
  • Hokky Caraka (PSS Sleman)
  • Dimas Drajad (Persib Bandung)
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer