Sukses


Timnas Indonesia U-20 0-2 Thailand: Nyaris Ribut Kayak di Final SEA Games 2023, Blunder Rahmat Syawal, Wasit Kontroversial

Bola.com, Seoul - Kiprah Timnas Indonesia U-20 di Seoul Earth on Us Cup 2024 bak roller coaster. Dua hari lalu atau pada Rabu (28/8/2024), tim berjulukan Garuda Nusantara itu mencatatkan kemenangan bersejarah 2-1 kontra Timnas Argentina U-20 dalam Seoul Earth on Us Cup 2024.

Masih dalam Seoul Earth on Us Cup 2024, dua hari berselang atau pada Jumat (30/8/2024) sore WIB, Timnas Indonesia U-20 yang perkasa atas Argentina U-20, justru tidak berdaya melawan Timnas Thailand U-20 dan keok 0-2 di Mokdong Stadium, Seoul.

Dua gol Thailand U-20 ke gawang Timnas Indonesia U-20 dicetak oleh Caelan Ryan pada menit kesepuluh lewat assist Thanawut Phochai dan Rattapoom Pankejohn pada menit ke-90+1.

Gol Rattapoom Pankejohn berbau kontroversial karena dalam prosesnya, wasit secara tidak sengaja menghalangi pemain Timnas Indonesia U-20, Fandi Bagus Pamungkas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kronologi Gol Kedua Thailand

Padahal ketika itu, Timnas Indonesia U-20 sedang menguasai bola. Kadek Arel mengoper ke Fandi Bagus Pamungkas, namun wasit menjatuhkan pemain bernomor punggung 26 itu sehingga bola direbut Rattapoom Pankejohn.

Bukannya memilih untuk menghentikan pertandingan dengan memberikan dropped-ball kepada Timnas Indonesia U-20, wasit malah membiarkan Rattapoom Pankejohn melakukan akselerasi ke lini pertahanan musuhnya.

Lewat aksinya dengan melewati Meshaal Hamzah Bashier Osman dan memenangi duel dengan Alfharezzi Buffon, Rattapoom Pankejohn menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-20 untuk yang kedua kalinya.

3 dari 4 halaman

Kesalahan Lini Belakang

Sementara, gol pertama Thailand U-20 dipicu oleh blunder bek Timnas Indonesia U-20, Rahmat Syawal, yang bermain-main di kotak penalti sendiri.

Umpan Rahmat Syawal dapat dipotong oleh Thanawut Phochai yang dengan cepat mengirimkan operan ke Caelan Ryan yang berdiri bebas di mulut gawang Timnas Indonesia U-20.

Keributan terjadi pada menit ke-90+3. Insiden bermula ketika para pemain Thailand U-20 melakukan percobaan agresif merebut bola dari kaki pemain Timnas Indonesia U-20.

4 dari 4 halaman

Dorong-dorongan

Akibatnya, penyerang Timnas Indonesia U-20, Mufdi Iskandar terpancing untuk menyikut kepala belakang pemain Thailand U-20, Caelan Tanadon Ryan.

Peristiwa itu sempat membuat para pemain Timnas Indonesia U-20 dan Thailand U-20 saling dorong, namun untungnya kedua kesebelasan hanya tersulut emosi sesaat.

Kejadian itu mengingatkan kepada tawuran yang terjadi antara timnas U-22, yang dilatih Indra Sjafri, dengan Timnas Thailand U-22 di babak final SEA Games 2023 Kamboja.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer