Sukses


Media Lokal Vietnam Soroti Rumor Transfer Gelandang Timnas Indonesia Thom Haye ke Dinamo Zagreb: Ngeri, Main di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, masih berstatus tanpa klub. Pemain berusia 29 tahun itu habis kontrak di SC Heerenveen, klub kasta teratas Liga Belanda.

Setelah lebih dari dua tahun membela SC Heerenveen, kebersamaan Thom Haye dengan klub berjulukan De Superfriezen itu harus berakhir pada 30 Juni 2024. Haye bergabung sejak Januari 2022.

Selama berbaju SC Heerenveen, Thom Haye mencatatkan 86 penampilan. Gelandang kelahiran 9 Februari 1995 itu juga membukukan tujuh gol, 12 assist, 17 kartu kuning, dan satu kartu merah.

Gelandang berpostur 187 cm itu menjadi salah satu pemain kunci SC Heerenveen di Eredivisie pada musim 2023/2024.

Dia merupakan sosok sentral di lini tengah De Superfriezen. Thom Haye bermain 31 kali dengan 29 di antaranya sebagai starter.

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rumor Bertebaran

Tepat dua bulan menganggur, pemain berdarah Belanda-Indonesia itu belum menemukan kepastian klub baru.

Namun, belakangan Thom Haye dikaitkan dengan sejumlah klub. Dua di antaranya, Oxford United dari Inggris dan Dinamo Zagreb asal Kroasia. Dia juga sempat dirumorkan masuk daftar transfer Como 1907.

Sebelumnya, agen Haye, Wesley Verhoek, mengungkapkan bahwa kliennya pernah mendapat tawaran dari klub asal Belanda, Fortuna Sittard. Namun, Haye menolak proposal tersebut karena ingin mencoba peruntungan di luar negeri.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Ulasan Media Vietnam

Kabar transfer Thom Haye tak luput dari sorotan media lokal Vietnam, Soha. Seperti yang mereka tulis dalam artikel berjudul: pemain naturalisasi Indonesia akan bermain di Liga Champions musim 2024/2025.

"Jika berpeluang bermain di Liga Champions bersama Dinamo Zagreb, Thom Haye akan menjadi wajah pertama Timnas Indonesia saat ini yang bermain di turnamen antarklub paling bergengsi di dunia tersebut," tulis Soha seperti dikutip pada Jumat (30/8/2024).

"Menurut pers Kroasia, Dinamo Zagreb baru saja berpisah dengan gelandang Josip Misic dan membutuhkan pemain yang bisa bermain bagus di tengah lapangan untuk menggantikannya. Pelatih Sergej Jakirovic melihat Thom Haye sebagai opsi yang cocok untuk ditambahkan ke skuad."

"Awal September nanti, Thom Haye akan bergabung dengan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi dan Australia," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Perkuat Sejumlah Klub

Sepanjang kariernya, Thom Haye melanglang buana ke sejumlah klub. Dia rutin berkompetisi di kasta tertinggi sejak dipromosikan ke tim senior AZ Alkmaar pada 2013/2014.

Namun, dia lebih banyak bermain di tanah kelahirannya. Thom Haye sempat bermain untuk AZ Alkmaar (2014-2016), ADO Den Haag (2019-2020), NAC Breda (2020-2022), hingga terakhir bersama SC Heerenveen (2022-2024).

Sementara satu-satunya klub luar Belanda yang pernah diperkuatnya yaitu Lecce. Tom Haye bermain untuk klub kasta kedua Liga Italia atau Serie B itu pada medio 2018-2019.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer