Sukses


BRI Liga 1: Sempat Dipandang Sebelah Mata, Kini Nermin Haljeta Buktikan Diri di PSM Makassar

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar menjadi pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1 2024/2025. Klub berjulukan Juku Eja itu mengumpulkan sembilan angka dari tiga laga yang dijalani.

Poin sempurna didapat setelah armada Bernardo Tavares tersebut mengalahkan lawan-lawannya pada tiga partai awal. Masing-masing ketika berjumpa Persis Solo (3-0), PSBS Biak (2-1), dan Dewa United (3-1).

Sukses Tim Juku Eja bercokol di peringkat pertama tak lepas dari kontribusi sang striker anyar, Nermin Haljeta. Namanya memang tengah menjadi buah bibir para pencinta sepak bola nasional, khususnya pendukung PSM Makassar.

Sebagai debutan, penyerang asal Slovenia itu memperlihatkan performa ciamik di pentas Liga 1. Nermin Haljeta punya andil besar dalam tiga kemenangan beruntun yang diraih PSM Makassar pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sempat Diragukan

Sempat dipandang sebelah mata, Nermin Haljeta mampu tampil impresif. Setengah dari gol yang dilesakkan PSM Makassar sejauh ini lahir dari kaki penyerang berusia 27 tahun tersebut.

Pada awal kedatangannya, kualitas Nermin sempat diragukan. Terutama saat berlaga di turnamen pramusim Piala Presiden 2024. Ketika itu, dia tampil kurang meyakinkan dan bahkan mencetak gol bunuh diri saat timnya keok 0-2 kontra Persib Bandung.

PSM Makassar pun memungkasi fase grup Piala Presiden 2024 tanpa sekalipun meraih kemenangan. Juku Eja cuma mampu mengepak dua poin dari tiga laga di Grup A.

Namun, perlahan Nermin bangkit. Membuktikan diri kalau PSM tidak salah merekrutnya. Kini penyerang kelahiran 7 Juni 1997 itu menjadi top skorer sementara Liga 1 dengan torehan empat gol. Unggul atas Gustavo Almeida (Persija Jakarta) dan Privat Mbarga (Bali United) yang sama-sama mengepak tiga gol.

 

3 dari 5 halaman

Statistik hingga Pekan Ketiga

Dua dari empat gol Nermin Haljeta dicetak ke gawang Persis Solo pada pekan pertama Liga 1. Sisanya tercipta saat membantu Juku Eja melumat PSBS Biak dan Dewa United.

Dikutip dari laman Liga Indonesia Baru, Nermin Haljeta punya catatan mentereng hingga tiga pertandingan awal Liga 1. Dia selalu menjadi andalan Bernardo Tavares di lini depan dengan mencatatkan 270 menit bermain.

Permainannya cukup efektif. Penyerang kelahiran Celje, Slovenia itu total melepaskan empat tembakan yang semuanya tepat sasaran dan berbuah gol.

Nermin Haljeta tampil dinamis. Tidak hanya mencetak gol, namun dia juga rajin membantu pertahanan. Statistik mencatat, pemain berpostur 195 cm itu sukses melakukan empat kali intersep, satu tackling, serta satu clearance.

 

4 dari 5 halaman

Jejak Karier

PSM Makassar menjadi klub pertama Nermin Haljeta berkarier di Liga Indonesia. Sebelumnya, dia lebih banyak membela klub asal tanah kelahirannya. Dalam kurun waktu 2016-2023, Nermin sering berpindah-pindah klub.

Sederet tim yang pernah diperkuatnya yakni FAC, NK Rogaska, NK Nafta 1903, Zvijezda 09, Drava Ptuj, NK Domzale, ND Ilirija, Teplice, dan NK Krsko.

Nermin Haljeta tampil moncer saat berbaju NK Nafta 1903 pada medio 2020-2021. Saat itu dia sukses membukukan 27 gol plus 17 assist dari 68 pertandingan di Prva Liga atau kompetisi strata teratas Liga Slovenia.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer