Sukses


Deretan Fakta Unik Tentang Arab Saudi yang Akan Jadi Lawan Timnas Indonesia: Langganan di Piala Dunia, Punya Kompetisi Mewah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali beraksi pekan ini. Ya, skuad berjulukan Garuda akan memulai persaingan di Grup C Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia dijadwalkan bertandang ke markas Arab Saudi pada laga perdana di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Tim asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Timnas Jepang, Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, Timnas Bahrain, dan Timnas China.

Lawan-lawan itu tentu bukan lawan yang mudah. Apalagi, Jepang, Arab Saudi, dan Australia sudah langganan lolos ke putaran final Piala Dunia.

Berikut ini sejumlah fakta unik tentang Timnas Arab Saudi yang menjadi lawan Timnas Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Langganan Tampil di Piala Dunia

Arab Saudi merupakan satu di antara kekuatan sepak bola dari benua Asia. Mereka tergolong tim kuat dengan sejarah panjang di sepak bola, termasuk keikutsertaan di Piala Dunia.

Sejak 1994, Arab Saudi sendiri tercatat enam kali tampil dalam putaran final Piala Dunia dari delapan kesempatan. Arab Saudi hanya gagal lolos dari kualifikasi pada Piala Dunia 2010 dan 2014.

Piala Dunia 2022 menjadi sejarah bagi Arab Saudi, secara mengejutkan mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi. Meski akhirnya Arab Saudi gagal melaju jauh, dan Argentina justru keluar sebagai juara Piala Dunia.

3 dari 5 halaman

Termasuk Raja Asia

Debut Piala Dunia mereka terjadi pada tahun 1994 di Piala Dunia 1994. Arab Saudi lolos 4 kali beruntun ke Piala Dunia ia sampai Piala Dunia 2006.

Arab Saudi juga menjadi raja Asia, dengan torehan tiga kali juara Piala Asia. Arab Saudi menjuarai Piala Asia pada edisi 1984, 1988, dan 1996.

Arab Saudi memiliki jumlah koleksi Piala Asia yang sama dengan Iran. Mereka hanya kalah dari Jepang yang sudah mengemas 4 trofi Piala Asia.

4 dari 5 halaman

Calon Tuan Rumah Piala Dunia

Sebagai negara tradisi sepak bola dan ekonomi yang kaya raya, Arab Saudi punya infrastruktur yang mewah. Layak jika mereka menjadi tuan rumah sebuah hajatan besar, termasuk Piala Dunia.

Bulan November tahun lalu, Presiden FIFA Gianni Infantino memastikan perhelatan Piala Dunia 2034 yang merupakan Piala Dunia edisi ke-24 akan berlangsung di Arab Saudi.

Arab Saudi akan menjadi negara Asia keempat yang menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah Korea Selatan, Jepang, dan Qatar. Tidak cukup sampai di situ, Arab Saudi juga didapuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2027.

5 dari 5 halaman

Punya Kompetisi Mewah

Sepak bola Arab Saudi sedang di titik tertinggi. Mereka punya kompetisi domestik yang sangat mewah.

Siapa tak kenal Cristiano Ronaldo? Superstar Portugal yang malang melintang di Manchester United, Real Madrid, dan Juventus sudah berkiprah di Liga Pro Saudi sejak 2022/2023.

Ia membela klub Al-Nassr dan sedang menikmati musim ketiganya. Kemudian ada Karim Benzema, bintang Prancis yang bermain untuk Al Ittihad.

Jangan lupakan Neymar Jr, pemain top Brasil yang ikut jejak dengan bermain untuk Al Hilal. Masih ada seabrek pemain beken Eropa yang kemudian menyusul. Ini menjadi gambaran gemerlapnya sepak bola di Arab Saudi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer