Sukses


Bek Asing Persis Solo Akhirnya Pulih dari Cedera, Sektor Pertahanan Lebih Solid saat Hadapi Lanjutan BRI Liga 1

Bola.com, Solo - Sektor pertahanan Persis Solo bakal semakin solid saat kembali menatap BRI Liga 1 2024/2025 setelah jeda internasional. Bek asing asal Brasil, Eduardo Kunde, sudah pulih dari cedera.

Eduardo memang harus mengalami cedera sebelum BRI Liga 1 2024/2025 bergulir. Dia naik meja operasi karena mengalami cedera pada jari tangan kiri, setelah laga Persis Solo melawan Persija Jakarta pada Piala Presiden 2024.

Masalah itulah yang memaksa Eduardo Kunde harus melewatkan tiga pertandingan awal Laskar Sambernyawa musim ini. Tanpa kehadirannya, anak asuh Milomir Seslija tersebut dipaksa menelan tiga kekalahan beruntun.

Dokter tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, memastikan kondisi Eduardo Kunde sudah semakin membaik. Ini menjadi kabar yang positif bagi Laskar Sambernyawa untuk mengarungi persaingan kompetisi.

“Saat ini, kondisi cedera Kunde sudah membaik. Luka pascaoperasi sudah kering. Saat ini kondisinya sudah lepas jahitan. Ini tanda-tanda pemulihan yang sangat baik,” kata Iwan Wahyu Utomo.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tidak Boleh Gegabah

Meskipun demikian, Iwan tak ingin gegabah. Tim medis Persis Solo masih terus memantau kondisi pemain berusia 26 tahun itu saat mengikuti latihan. Pasalnya, tidak boleh ada kontak fisik yang berlebihan pada bekas cederanya.

“Meskipun sudah bisa mengikuti latihan secara penuh, kami dari tim medis tetap mengawasi Kunde dengan seksama, terutama apabila ada kontak yang melibatkan tangan yang cedera,” ujar Iwan.

“Kami juga masih memantau perkembangan kepercayaan diri Kunde setelah pulih dari cedera. Hal ini mengingat masih belum sebulan sejak dia menjalani operasi,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Kebugaran

Selain itu, tim medis juga mesti memastikan kondisi pemain keturunan Jerman-Brasil ini benar-benar optimal saat kembali bermain. Setelah operasi, Eduardo Kunde memang sempat beristirahat untuk proses pemulihan.

Iwan memastikan, perkembangan kondisi kebugaran bek kelahiran 17 September 1997 itu akan terus dipantau pelatih. Sehingga, dia harus dipastikan bugar sebelum kembali terjun ke lapangan.

“Kami harus memastikan kesiapannya secara fisik. Karena, kondisi fisik setelah operasi bakal berbeda. Perhatian ekstra harus tetap diberikan untuk memastikan dia bisa kembali bermain dengan maksimal,” ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Andalan pada Pramusim

Sebetulnya, Eduardo Kunde sudah menjadi andalan utama Persis Solo selama mengarungi ajang pramusim, Piala Presiden 2024. Dia selalu mendapatkan kesempatan bermain dari Milomir Seslija sejak bergabung dengan Laskar Sambernyawa.

Bahkan, pada tiga pertandingan terakhir, Kunde selalu turun secara penuh selama 2x45 menit. Dia menjadi rekan duet Ricardo Lima yang sangat solid untuk mengawal jantung pertahanan.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer