Sukses


Jay Idzes dan 3 Pemain Kunci Timnas Indonesia yang Dapat Kejutkan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jeddah - Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menantang tuan rumah Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

Di atas kertas, level Arab Saudi jauh berada di atas Timnas Indonesia. Ranking FIFA terbaru pada 18 Juli 2024 dapat menjadi rujukannya.

Arab Saudi menempati peringkat ke-56 dengan 1431,3 poin. Sementara Timnas Indonesia menduduki posisi ke-133 lewat nilai 1108,73.

"Pastinya target mendapatkan hasil yang baik, ya akan berusaha semaksimal mungkin dan saya bukan Tuhan jadi saya tidak bisa tahu," ujar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Namun, tetap bola itu bundar jadi situasi berubah akan seperti apa, tidak ada yang tahu juga. Namun, kami akan berusaha semaksimal mungkin," jelasnya.

Sepanjang sejarahnya, Arab Saudi telah enam kali lolos ke Piala Dunia pada 1994, 1998, 2002, 2006, 2018, dan 2022. Sementara Timnas Indonesia sekali pada 1938 dengan nama Hindia Belanda.

Timnas Indonesia bukan tanpa peluang ketika melawan Arab Saudi. Lantas, siapa saja pemain tim berjulukan Garuda itu yang dapat mengejutkan tuan rumah?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jay Idzes

Jay Idzes dapat dianggap sebagai pemain paling berharga Timnas Indonesia saat ini. Sebab, bek berusia 24 tahun itu berkancah di kompetisi yang kompetitif di Serie A 2024/2025 bersama Venezia.

Jay Idzes bakal sangat diandalkan Timnas Indonesia untuk meredam serangan Arab Saudi. Bagaimana tidak, Garuda telah lebih dulu kehilangan Jordi Amat yang cedera dan Justin Hubner yang akumulasi kartu.

3 dari 5 halaman

Thom Haye

Tidak bisa dipungkiri keberadaan Thom Haye telah mendongkrak kualitas lini tengah Timnas Indonesia. Pengalamannya selama bertahun-tahun berkarier di Eredivisie tampak dalam level permainannya.

Meski belum memiliki klub hingga saat ini, Thom Haye tetap menjaga kebugaran dengan melakukan latihan yang intensif. Pemain berusia 29 tahun itu akan menjadi jenderal lini tengah Timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Calvin Verdonk

Sama seperti Thom Haye, Calvin Verdonk adalah pemain yang berpengalaman di Eredivisie. Fullback kiri berusia 26 tahun itu memberikan warna berbeda untuk sisi sayap Timnas Indonesia dengan gaya mainnya yang ngotot.

Selain tangguh dalam bertahan, Calvin Verdonk juga agresif ketika membantu serangan. Pos fullback atau wingback kiri sudah pasti menjadi miliknya, dengan catatan tidak cedera, ketika melawan Arab Saudi.

5 dari 5 halaman

Ragnar Oratmangoen

Belum banyak gol yang dicetak Ragnar Oratmangoen untuk Timnas Indonesia, namun kehadiran penyerang yang dijuluki Wak Haji itu cukup membuat lini depan Garuda lebih gereget terutama menjadi banyak opsi.

Oratmangoen sebenarnya berposisi asli sebagai winger, tetapi kerap dipasang sebagai striker karena Timnas Indonesia belum memiliki nomor sembilan yang mumpuni. Mempunyai dribel dan kemampuan melewati pemain membuatnya dapat merepotkan lini pertahanan Arab Saudi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer