Sukses


4 Pemain Arab Saudi yang Mengerikan bagi Timnas Indonesia: Waspada di Lini Tengah dan Pertahanan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kini tak lagi sama di mata Arab Saudi. Roberto Mancini, sang pelatih, mengaku laga tidak akan berjalan mudah bagi para penggawa Green Falcons.

Menurut Mancini, tak hanya Timnas Indonesia, semua lawan di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia merupakan tim-tim kuat.

"Kami akan menjalani pertandingan kualifikasi Piala Dunia dan ini tidak akan mudah," kata Mancini.

Arab Saudi sebenarnya layak membusungkan dada, mengingat dalam 11 pertemuan terakhir melawan Indonesia, Green Falcons mengantongi 10 kemenangan sedangkan satu laga lagi berakhir imbang.

Namun, Mancini harus berkata jujur karena materi pemain yang dimiliki Indonesia saat ini sangat jauh berbeda dari skuad sebelumnya. Kini, Skuad Garuda dijejali pemain-pemain yang berkarier di luar negeri termasuk Eropa dan Amerika Serikat.

Nama mentereng di Timnas Indonesia, seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Rafael Struick, Calvin Verdonk, Justin Hubner, dan Maarten Paes pastinya membuat penggawa Arab Saudi dan pelatihnya, Mancini, tak bisa tidur nyenyak.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Arab Saudi juga Mewaspadai Timnas Indonesia

Mantan pembesut Inter Milan, Manchester City, serta Timas Italia bahkan meminta anak-anak asuhnya agar mewaspadai empat bintang Timnas Indonesia yakni Justin Hubner, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, dan Marselino Ferdinan.

"Nomor 7, 10, 6, dan 23. Boleh kamu bantu saya menulis nama mereka?" jawab Roberto Mancini saat ditanya Tenaga Ahli Kemenpora RI, Hamdan Hamedan, via Instagram pribadi @hamdan.hamedan, Senin pada Januari 2024, terkait siapa saja pemain Indonesia yang kudu diwaspadai.

Pengakuan jujur Mancini setidaknya menyuntikkan semangat tersendiri bagi Shin Tae-yong dan anak asuhnya jelang bentrok di Abdullah Sport City, Jumat (6/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB.

Namun, biar bagaimana pun, Arab Saudi tetaplah tim yang sangat kuat dan mereka sudah beberapa kali lolos ke putaran final Piala Dunia, terakhir di Qatar pada 2022 silam.

Bertanding di kandangnya sendiri, setidaknya ada empat pemain tuan rumah yang akan mendatangkan kengerian bagi Timnas Indonesia. Siapa saja keempatnya, yuk kita panggilkan:

3 dari 6 halaman

Salem Al-Dawsari (Al Hilal)

Awas, lini belakang Timnas Indonesia jangan sampai lengah. Pemain yang satu ini sangat berbahaya. Dalam 83 laga selama memperkuat Arab Saudi, penyerang sayap berusia 32 tahun ini sudah mendulang 23 gol.

Di klubnya, Al Hilal, Salem Al-Dawsari sosok penting di balik kesuksesan The Blue Waves memenangkan Liga Arab Saudi dan Liga Champions Asia.

Salem Al-Dawsari juga terlibat langsung saat Arab Saudi mempermalukan Argentina 2-1 saat keduanya bentrok di fase grup Piala Dunia 2022. Ia mencetak sebiji gol yang membuat namanya melambung ke langit biru.

4 dari 6 halaman

Firas Al-Buraikan (Al-Ahli)

Pada putaran kedua silam, Firas Al-Buraikan merupakan salah satu penyerang kepercayaan Roberto Mancini.

Ia menjadi starter dalam tiga laga dan pemain berusia 24 tahun tersebut membalas kepercayaan Roberto Mancini dengan torehan tiga gol.

Saat masih berusia 22 tahun, bintang Al-Ahli sudah masuk skuad inti Arab Saudi di ajang Piala Dunia 2022.

Saat mengalahkan Argentina 2-1 di fase grup, Firas Al-Buraikan menciptakan satu assist yang berujunh kemenangan bersejarah Green Falcons di kasta tertinggi empat tahunan besutan FIFA.

5 dari 6 halaman

Saud Abdulhamid (AS Roma)

Pemain Arab Saudi yang bermain di Eropa saat ini bisa dihitung dengan jari. Salah satunya adalah Saud Abdulhamid.

Gurita Italia, AS Roma, baru saja mengangkut bek jangkung itu dari Al-Hilal pada akhir Agustus 2024.

Keputusan I Lupi memakai jasa Saud Abdulhamid membuktikan kalau kelahiran 18 Juli 1999 bukan pemain bertahan sembarangan.

Seperti dua rekannya di atas, Saud Abdulhamid juga ikut berjuang untuk Green Falcon di Piala Dunia 2022, di mana posisinya sebagai fullback nyaris tak tergantikan.

6 dari 6 halaman

Mohammed Kanno (Al-Hilal)

Terkenal ngotot dan ambisius, Mohammed Kanno bakal mendatangkan kengerian di lini tengah saat Timnas Indonesia bertamu ke Abdullah Sport City.

Gelandang petarung berusia 29 tahun ini bisa dipastikan masuk starting XI Roberto Mancini. Ia sudah hadir di Piala Dunia 2018 dan sejauh ini sudah mengemas 55 caps dengan tuaian tiga gol.

Di klubnya, Al-Hilal, Mohammed Kanno, sudah kenyang asam garam dalam 150 penampilan dengan tabungan 15 gol.

Kehadirannya pada 6 September nanti membuat semua pemain tengah Indonesia, khususnya Thom Haye, harus kerja ekstra keras.

Video Populer

Foto Populer