Sukses


Deretan Pemain Lokal yang Berpeluang Masuk Starting XI Timnas Indonesia saat Hadapi Arab Saudi

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tampaknya masih akan memberikan kepercayaan kepada sejumlah pemain lokal untuk mengisi daftar starting eleven melawan Arab Saudi pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Setidaknya, ada beberapa pemain lokal Timnas Indonesia yang berpeluang turun sebagai starter saat menghadapi Arab Saudi dalam duel yang berlangsung di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Skuad Merah Putih memang akan diperkuat sebanyak 11 pemain keturunan pada laga ini. Namun, tetap ada deretan amunisi lokal yang bakal menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk mengisi starting eleven.

Setidaknya, ada empat pemain lokal Timnas Indonesia yang diprediksi bakal bermain sejak menit awal saat menghadapi Arab Saudi pada pertandingan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ernando Ari

Status kiper kelahiran Belanda, Maarten Paes, yang belum bisa dimainkan pada pertandingan pertama Grup C ini membuka peluang bagi penjaga gawang lokal untuk turun. Nama yang diprediksi menjadi starter ialah Ernando Ari.

Penjaga gawang Persebaya Surabaya ini mampu mengukir performa yang apik di awal musim BRI Liga 1 2024/2025. Dari tiga pertandingan awal tersebut, kiper asal Semarang ini hanya kebobolan satu kali saja.

Ernando sudah jadi kiper pilihan Shin Tae-yong sejak akhir tahun 2023. Bahkan, dia selalu diturunkan penuh pada tiga pertandingan terakhir skuad Merah Putih pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

 

3 dari 5 halaman

Rizky Ridho

Satu tempat di jantung pertahanan tampaknya akan diberikan kepada Rizky Ridho saat berjumpa Arab Saudi. Pemain berusia 22 tahun ini memperlihatkan performa yang konsisten bersama Persija Jakarta.

Ridho selalu bermain penuh pada tiga pertandingan awal BRI Liga 1 2024/2025. Dia juga menjalani peran baru sebagai kapten Macan Kemayoran. Hadirnya Ridho memang membuat sektor ini lebih aman.

Sebab, dari tiga pertandingan awal, gawang skuad asuhan Carlos Pena hanya kemasukan satu gol. Ridho tampaknya akan tetap jadi pilihan nomor satu STY untuk mengawal lini belakang.

 

4 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam tampaknya bakal menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk mengisi sektor wingback kanan Timnas Indonesia. Setidaknya, hal ini mengacu pada performa impresifnya bersama Port FC di Liga Thailand.

Dari empat pertandingan terakhir, pemain berusia 24 tahun itu selalu tampil penuh sebagai starter. Posisinya di sektor bek kanan tak tergantikan. Ini menandakan kondisi kebugaran Asnawi sangat optimal untuk menghadapi Arab Saudi.

Selain itu, Asnawi juga telah menyumbangkan satu assist, tepatnya saat Port FC menggulung Chiangrai United dengan skor 5-1.

 

5 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Jika dibandingkan rekan-rekannya yang lain, Marselino Ferdinan memang jadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang belum memperlihatkan performa yang konsisten bersama klub barunya, Oxford United.

Sebab, sejak bergabung bersama klub kasta kedua Liga Inggris itu, pemain berusia 19 tahun ini tak kunjung mendapatkan kesempatan bermain. Akan tetapi, hal ini tak akan menghalangi STY untuk memberikan kesempatan.

Sebab, jika mengacu pada sembilan pertandingan terakhir Timnas Indonesia di berbagai ajang, termasuk Piala Asia 2023 hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Marselino selalu turun sebagai starter dan hampir selalu bermain penuh selama 2x45 menit.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer