Sukses


Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia Vs Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Nathan Gantikan Hubner, 3-5-2 Paling Aman

Bola.com, Jeddah - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 26 pemain untuk melawan tuan rumah Timnas Arab Saudi di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia akan menantang Arab Saudi dalam partai pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Dari 26 pemain Timnas Indonesia itu, Justin Hubner akan absen akibat menjalani akumulasi kartu kuning. Sementara, Maarten Paes ternyata dapat dimainkan meski pendaftaran pemain telah ditutup sejak awal Agustus 2024.

Di atas kertas, level kedua kesebelasan berbeda jauh. Arab Saudi menempati peringkat ke-56 ranking FIFA terbaru pada 18 Juli 2024. Sementara Timnas Indonesia menduduki posisi ke-133.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kiper dan Bek

Timnas Indonesia diyakini bakal bermain lebih defensif dan menghindari permainan terbuka lantaran Arab Saudi kemungkinan akan menyerang total demi mendapatkan kemenangan.

Oleh sebab itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang terbiasa menurunkan formasi 3-4-2-1, dapat mengubahnya menjadi 3-5-2 demi memperkuat lini tengah dan belakang.

Maarten Paes berpeluang menjadi kiper utama dan menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia. Trio sektor pertahanan dapat diisi oleh trio Rizky Ridho, Jay Idzes, dan Nathan Tjoe-A-On.

3 dari 5 halaman

Gelandang

Nathan kembali ke lini belakang, meski posisi aslinya adalah fullback kiri, setelah sebelumnya kerap dimainkan Shin Tae-yong sebagai gelandang tengah di Timnas Indonesia dan U-23.

Dua gelandang diperkirakan akan menjadi milik Thom Haye dan Ivar Jenner. Sementara wingback kiri dapat dikunci oleh Calvin Verdonk. Posisi wingback kanan masih diperebutkan oleh Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh.

Namun, Asnawi mempunyai kans yang lebih besar untuk bermain sebagai starter karena statusnya adalah kapten Timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Penyerang

Satu slot di lini tengah diprediksi diserahkan kepada Ricky Kambuaya. Timnas Indonesia memang membutuhkan pemain bertipikal sepertinya untuk menjadi bertarung dengan sektor gelandang Arab Saudi.

Dua posisi di lini depan Timnas Indonesia dapat dihuni oleh Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen. Keduanya memang bukan bertipe sebagai penyerang tengah, namun keduanya bisa diandalkan untuk merepotkan sektor belakang lawan.

"Pastinya target mendapatkan hasil yang baik, ya akan berusaha semaksimal mungkin dan saya bukan Tuhan jadi saya tidak bisa tahu. Tetapi tetap, bola itu bundar jadi situasi berubah akan seperti apa, tidak ada yang tahu juga. Tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin," ujar Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia

Timnas Indonesia (3-5-2): Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Thom Haye, Ricky Kambuaya, Calvin Verdonk; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer