Sukses


Media Arab Saudi Salut Timnas Indonesia Bisa Kumpulkan Pemain Diaspora: Mereka Membela Tanah Leluhur

Bola.com, Jakarta Media Arab Saudi, Arriyadiyah, menyoroti banyaknya pemain keturunan di Timnas Indonesia.

"Imigran Indonesia mewarnai tim sepak bola pertama negara mereka dengan 11 pemain, yang saat ini sedang mempersiapkan diri dengan rekan setim lainnya, untuk bertemu tim nasional dalam kualifikasi Piala Dunia 2026," tulis Arriyadiyah.

Media tersebut lalu memperkenalkan 11 pemain Timnas Indonesia yang lahir di luar negara Asia, yang sebagian besar berada di Belanda.

"Federasi Indonesia mengirimkan undangan kepada para pemain ini untuk meyakinkan mereka untuk mewakili tim nasional orang tua atau kakek-nenek mereka," lanjut Arriyadiyah.

Pertama yang disebut adalah Sandy Walsh, yang termasuk paling senior di Timnas Indonesia dalam hal proses menjadi WNI.

"Bek kanan, lahir di Belgia, dari ayah Irlandia dan ibu Indonesia, memperoleh kewarganegaraan negara ibunya pada November 2022, setelah itu ia mulai mewakili tim nasional. Sebaliknya, Belanda adalah tempat kelahiran 10 rekan Walsh, yang telah mendapat manfaat dari akar keluarga mereka dan memperoleh kewarganegaraan Indonesia."

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sebutkan Asak Usul

Media tersebut juga mengulas daerah kelahiran pemain-pemain diaspora Indonesia.

"Maarten Paes, penjaga gawang, dan Thom Haye, gelandang, menerima kewarganegaraan Indonesia, setelah nenek mereka  masing-masing lahir di Jawa Timur dan provinsi Sulawesi Utara.

Ivar Jenner, sang gelandang, adalah orang Indonesia dari Jawa Timur. Bek Justin Hubner dan rekan setimnya di bek kiri Shayne Pattynama menjadi WNI, berkat orang tua mereka yang berkebangsaan Belanda, yang merupakan keturunan Indonesia.

Asal usul Indonesia dari Ragnar Oratmangoen, sang sayap kiri, berasal dari garis keturunan leluhur kedua keluarga tersebut.

"Rafael Struick, Nathan Tjoe A On, Calvin Verdonk, Jay Idzes, juga dinaturalisasi berkat garis keturunan dan kelahiran kakek-nenek mereka," lanjut medua tersebut.

3 dari 4 halaman

Tantang Arab Saudi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membawa 26 pemain ke Arab Saudi untuk menjalani laga pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dari 26 pemain itu, ada 11 pemain naturalisasi andalan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia memulai kiprah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menghadapi Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Kamis (6/9/2024) dini hari WIB.

Laga ini akan menjadi titik awal baru perjuangan Tim Garuda mengejar asa tampil di Piala Dunia. Shin Tae-yong membawa 26 pemain, yaitu 4 kiper, 10 pemain bertahan, 7 pemain di lini tengah dan sayap, serta 5 penyerang.

4 dari 4 halaman

Jadi Tulang Punggung

Timnas Indonesia yang akan bertarung di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini pun memiliki komposisi bagus dengan latar belakang yang beragam.

Ada pemain-pemain terbaik di Liga 1 dan yang berkarier di luar negeri, baik mereka yang memang lahir di Indonesia maupun mereka yang lahir di luar negeri tetapi memiliki darah Indonesia dan berkomitmen untuk Tim Garuda.

Bahkan untuk pemain Timnas Indonesia yang kerap disebut sebagai naturalisasi, kehadirannya sangat membantu pemain lain untuk memperlihatkan performa yang lebih baik dari limit sebelumnya.

Kini jumlah pemain naturalisasi yang dibawa Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia ke Arab Saudi mencapai 11 pemain.   

Video Populer

Foto Populer