Sukses


Media Arab Saudi: Timnas Indonesia Edisi Gen Z yang Berpotensi Jadi Kekuatan Baru di Asia

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia sudah berbeda di mata media dan publik Arab Saudi. Skuad Garuda akan bersua The Falcons pada R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Pasukan Shin Tae-yong, menurut media Arab Saudi, berbeda karena memiliki banyak pemain keturunan. STY membawa 11 pemain diaspora pada FIFA matchday kali ini.

Selain itu, media Arab Saudi juga menyoroti Indonesia yang dihuni pemain-pemain muda. Generasi yang sekarang mayoritas adalah Gen Z atau keturunan gen milenial.

"Mereka yang lahir di generasi milenial saat ini merupakan mayoritas di Timnas Indonesia. Daftar nama yang dipilih pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong untuk laga melawan Arab Saudi dan Australia mencakup 15 pemain yang lahir setelah akhir tahun 1990-an, dari 26 nama yang masuk dalam panggilan," tulis 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Paling Tua Thom Haye

Dua pemain angkatan 2000 akan hadir yakni bek Jay Idzes dan winger Egi Maulana Fikri.

Lima pemain kelahiran 2001, Nathan Tjoe A-On, Pratama Arhan yang menempati posisi yang sama. Kemudian Muhammad Adi Satrio, Rizki Ridho, dan pemain sayap Witan Sulaeman.

Satu tahun lebih muda ada Ernando Arri dan Ramadhan Sananta.

Bek Justin Hubner, Muhammad Ferrari, dan striker Rafael Struijk kelahiran 2003, dan rekan satu tim mereka Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner, Hoky Caraka, lahir tahun 2004.

Yang termuda dalam daftar adalah Marselino Ferdinan, yang akan berusia 20 tahun dalam sembilan hari.

Sisanya memiliki tanggal lahir sejak tahun 1990-an, yang tertua adalah Thom Haye, 29 tahun tujuh bulan.

3 dari 4 halaman

Diaspora

Media Arab Saudi, Arriyadiyah, menyoroti banyaknya pemain keturunan di Timnas Indonesia.

"Imigran Indonesia mewarnai tim sepak bola pertama negara mereka dengan 11 pemain, yang saat ini sedang mempersiapkan diri dengan rekan setim lainnya, untuk bertemu tim nasional dalam kualifikasi Piala Dunia 2026," tulis Arriyadiyah.

Media tersebut lalu memperkenalkan 11 pemain Timnas Indonesia yang lahir di luar negara Asia, yang sebagian besar berada di Belanda.

"Federasi Indonesia mengirimkan undangan kepada para pemain ini untuk meyakinkan mereka untuk mewakili tim nasional orang tua atau kakek-nenek mereka," lanjut Arriyadiyah.

4 dari 4 halaman

Jadwal Siaran Langsung

  • Matchday 1 Grup C Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia
  • Jumat, 6 September 2024
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia
  • Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah
  • Kick-off: 01.00 WIB
  • Live: RCTI
  • Live Streaming: Vision+ 

Video Populer

Foto Populer