Sukses


Membandingkan Nilai Pasar Pemain Arab Saudi Vs Timnas Indonesia: Thom Haye Tetap Mahal meski Belum Punya Klub

Bola.com, Jakarta - Duel antara Timnas Indonesia melawan Arab Saudi pada pertandingan perdana Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia turut menyajikan fakta-fakta unik berkaitan dengan perbandingan nilai pasar kedua kubu.

Timnas Arab Saudi, yang sudah menjadi langganan Piala Dunia, memang memiliki materi skuad yang lebih mahal ketimbang Timnas Indonesia yang baru berkembang selama beberapa tahun terakhir di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Padahal, sebetulnya tidak banyak pemain dari kubu Green Falcon yang berstatus abroad. Sebab, dari total 31 nama pemain yang dipanggil Roberto Mancini, hanya ada satu pemain yang saat ini tengah berkarier di Eropa.

Ini cukup berbeda dengan latar belakang pemain Timnas Indonesia yang mayoritas berkarier di luar negeri. Dari 26 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, 14 di antaranya tersebar di banyak negara, terutama Eropa.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perbandingan Harga Pasar

Jika membandingkan harga pasar antara kedua kubu, nominalnya memang jomplang. Sebab, harga pasar seluruh pemain asuhan Shin Tae-yong hanya separuh dari nilai pasar seluruh pemain yang dipanggil Roberto Mancini.

Saat ini, berdasarkan data yang disajikan Transfermarkt, Timnas Arab Saudi memiliki nilai pasar yang mencapai 33,98 juta euro. Dengan kata lain, nominal ini menyentuh Rp583,7 miliar.

Adapun skuad Timnas Indonesia yang diperkuat 26 pemain memiliki nilai pasar sebesar 16,73 juta euro. Jika dikonversi ke rupiah, harga pasar skuad Garuda menyentuh angka Rp287,38 miliar.

3 dari 4 halaman

Pemain Termahal Arab Saudi

Merujuk data yang disajikan situs Transfermarkt, rata-rata harga pasar pemain Timnas Arab Saudi memang terhitung tinggi. Namun, terdapat dua nama yang nilainya paling fantastis, yakni Firas Al-Buraikan dan Saud Abdulhamid.

Firas Al-Buraikan saat ini jadi sosok pemain termahal di skuad Green Falcon. Sebab, harga pasar penyerang asal klub Al-Ahli itu mencapai enam juta euro. Jika dikonversi ke rupiah, angka ini setara dengan Rp103 miliar.

Sementara itu, Saud Abdulhamid jadi sosok pemain yang tak kalah mentereng karena kini bermain untuk klub Serie A, AS Roma. Saat ini, nilai pasarnya mencapai empat juta euro, atau setara dengan Rp68,7 miliar.

4 dari 4 halaman

Pemain Termahal Timnas Indonesia

Saat ini, daftar pemain Timnas Indonesia dengan nilai pasar termahal memang tengah didominasi pemain-pemain keturunan asal Eropa. Tiga nama yang angkanya paling tinggi ialah Thom Haye, Calvin Verdonk, dan Jay Idzes.

Thom Haye, meskipun saat ini berstatus tanpa klub, tetap jadi pemain dengan harga pasar termahal karena angkanya menyentuh tiga juta euro. Jika dikonversi ke rupiah, nominalnya setara Rp51,5 miliar.

Selanjutnya, Calvin Verdonk (NEC Nijmegen) dan Jay Idzes (Venezia) ternyata memiliki nilai pasar yang sama. Menurut situs Transfermarkt, keduanya sama-sama dibanderol dengan 2,5 juta euro. Angka ini setara dengan Rp42,9 miliar.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer