Sukses


BRI Liga 1: Hadapi Jadwal Super Padat, Borneo FC Dituntut Jaga Kebugaran Pemain

Bola.com, Samarinda - Borneo FC dihadapkan dengan jadwal super padat pada September ini. Fokus tim berjulukan Pesut Etam itu akan terbagi karena berkompetisi di dua ajang berbeda.

Selain BRI Liga 1 2024/2025, Borneo FC juga masih berjuang di ASEAN Club Championship 2024. Tim besutan Pieter Huistra itu bakal melakoni lima pertandingan dalam rentang 17 hari pada bulan ini.

Empat laga di antaranya di Liga 1 dengan berjumpa PSS Sleman (12/9/2024), Malut United (17/9/2024), Barito Putera (23/9/2024), dan Persita Tangerang (28/9/2024). Tim Pesut Etam hanya punya waktu selama lima hari saja untuk recovery.

Setelah menjalani pekan kelima melawan Barito Putera, tiga hari berselang mereka harus terbang ke Malaysia untuk menghadapi Kuala Lumpur FC di ASEAN Club Championship 2024. Borneo FC memimpin klasemen sementara Grup B, setelah di matchday perdana menang 3-0 atas wakil Singapura, Lion City Sailors.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pentingnya Jaga Kebugaran

Sebagai persiapan, Borneo FC intens menggelar latihan di Borneo FC training ground, Samarinda. Gelandang muda Fajar Fathurrahman, menekankan pentingnya menjaga kondisi fisik agar tetap bugar. Apalagi, Pesut Etam harus menghadapi jadwal pertandingan padat.

"Jadi yang paling penting untuk saat ini adalah kondisi pemain fit untuk persiapan menjelang laga perdana pada 12 September," ujar pemain berusia 22 tahun itu.

Kekompakan serta komunikasi antarpemain juga harus terus terjaga dan ditingkatkan selama periode sibuk ini. Fajar Fathurrahman mengatakan, selain latihan skuad Borneo FC berusaha mempererat hubungan di luar lapangan melalui kegiatan seperti makan bersama.

Komunikasi yang baik di luar maupun dalam lapangan diyakini dapat memperkuat kerja sama tim. Fajar Fathurrahman berharap, Pesut Etam bisa terus mempertahankan performa terbaik yang telah ditunjukkan sejak awal kompetisi.

 

3 dari 5 halaman

Hasil Kerja Keras Tim

Tim Pesut Etam memetik hasil positif pada tiga laga awal BRI Liga 1. Mereka meraih tiga kemenangan beruntun melawan Semen Padang (3-1), Arema FC (2-0), dan Bali United (2-0). Tim kebanggaan warga Samarinda itu kini bercokol di peringkat kedua klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin.

Empat dari delapan pemain asing Borneo FC juga tampil gacor dan sudah mencetak gol di Liga 1 musim ini. Mereka adalah Christophe Nduwarugira dengan torehan dua gol. Diikuti Berguinho, Leo Gaucho, serta Mariano Peralta yang masing-masing mengepak sebiji gol.

Penyerang Borneo FC, Muhammad Sihran menyebut catatan positif ini merupakan buah kerja keras seluruh penggawa Pesut Etam. Terutama saat menjadi runner-up di turnamen pramusim Piala Presiden 2024.

"Tantangannya bakal jauh lebih berat karena saat ini banyak tim yang ingin mengalahkan kami. Jadi kami harus siap dan terus menjaga konsistensi," kata Muhammad Sihran.

"Dukungan masyarakat Kalimantan Timur sangat kami butuhkan, terutama ketika bermain di Stadion Batakan. Tim akan lebih bersemangat jika stadion full," lanjut pemain berusia 25 tahun itu. 

 

4 dari 5 halaman

Pekan Depan Kembali Bergulir

Terhitung sejak 28 Agustus hingga 10 September 2024 BRI Liga 1 diistirahatkan dan kembali bergulir sehari setelahnya. Selama FIFA Matchday, Timnas Indonesia akan melanjutkan kiprah pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tim berjulukan Garuda itu tergabung di Grup C. Mereka bakal bersaing melawan Timnas Australia, Timnas China, Timnas Bahrain, Timnas Jepang, dan Timnas Arab Saudi.

Pada matchday pertama skuad Merah-Putih dijadwalkan menjalani partai away ke kandang Arab Saudi di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah (5/9/2024).

Adapun di laga kedua, giliran Timnas Indonesia yang menjadi tuan rumah dengan menjamu Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta (10/9/2024).

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer