Sukses


Prediksi Arab Saudi Vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Maarten Paes In, Garuda Menolak Menyerah!

Bola.com, Jeddah - Timnas Indonesia mencoba melawan kemustahilan ketika menantang tuan rumah Timnas Arab Saudi. Tim berjulukan Garuda itu realistis, tapi bukan berarti tidak percaya diri.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menantang Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Di atas kertas, level kedua kesebelasan bak langit dan bumi. Berdasarkan ranking FIFA terbaru pada 18 Juli 2024, Arab Saudi menempati peringkat ke-56 sementara Timnas Indonesia ke-133.

Namun, Timnas Indonesia dapat lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bukan karena keberuntungan, melainkan lantaran kualitas Garuda yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peluang Debut Maarten Paes

H-1 sebelum berhadapan dengan Arab Saudi, kabar baik menaungi Timnas Indonesia. Garuda bisa diperkuat Maarten Paes, kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) 2024 yang sebelumnya divonis bakal absen.

Namun, Timnas Indonesia akan kehilangan Justin Hubner kontra Arab Saudi. Bek asal Wolverhampton Wanderers U-21 di Inggris itu hendak menjalani skorsing kartu kuning.

"Kami berada di grup terkuat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tapi saya tegaskan, kami tidak akan menyerah," ujar Shin Tae-yong.

Satu poin menjadi target yang ideal untuk Rizky Ridho dkk. Bagaimana pun, Timnas Indonesia mesti bermain aman. Sebab, Arab Saudi sudah pasti lebih bernafsu mengincar kemenangan karena berlaga di kandang.

3 dari 4 halaman

Roberto Mancini Pantang Anggap Remeh

Sementara itu, pelatih Timnas Arab Saudi, Roberto Mancini, menolak untuk memandang remeh Timnas Indonesia yang disebutnya telah mengalami kemajuan dalam satu dekade terakhir.

"Saya pikir pertandingan ini akan sulit karena kami sudah cukup mengenal Timnas Indonesia, dan juga ini adalah pertandingan pertama, yang selalu sulit dalam kualifikasi," tutur Mancini.

"Kami tahu Timnas Indonesia telah berkembang pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Sebaliknya, kami harus berada dalam kesiapan penuh dan percaya diri untuk bisa mengalahkan lawan kami," jelasnya.

Arab Saudi makin di atas angin melawan Timnas Indonesia. 11v11 mencatat bahwa kedua kesebelasan bertemu 12 kali sejak 1981, dan armada Mancini itu hampir menyapu bersih dengan sebelas kemenangan dan sisanya imbang.

"Saya senang dengan para pemain yang ada saat ini. Mereka adalah campuran antara pemain berpengalaman dan pemain muda. Beberapa dari mereka membutuhkan lebih banyak waktu bermain, tapi secara keseluruhan saya senang," ungkap Mancini.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Arab Saudi (4-3-3): Muhammad Al-Owais; Ali Al-Bulaihi, Hassan Al-Tambukti, Saud Abdulhamid, Sultan Al-Ghannaml; Nasser Al-Dosari, Faisal Al-Ghamdi, Mukhtar Ali; Marwan Al-Sahafi, Abdul-Rahman Gharib, Muhammad Maran

Pelatih: Roberto Mancini

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Thom Haye, Ricky Kambuaya, Calvin Verdonk; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer