Sukses


Menanti Kejutan dari Pemain Spesialis Cadangan Timnas Indonesia: Diam di Bangku Cadangan, Bergerak Mengubah Permainan

Bola.com, Jakarta - Supersub merupakan salah satu peran penting dalam permainan sepak bola. Walaupun tak mendapatkan tempat utama, kehadirannya di atas lapangan selalu mampu menghadirkan magis untuk mengubah jalannya pertandingan.

Wout Weghorst merupakan salah satu contoh supersub paling bersinar di pentas internasional. Pemain Timnas Belanda itu menyarangkan tujuh dari 12 golnya untuk Der Oranje saat tampil sebagai pemain pengganti.

Weghorst mengakui berada di bangku cadangan memberikan banyak perspektif baru untuknya. Itulah yang membantunya menemukan ruang-ruang kosong di pertahanan lawan untuk menuntaskan peluang yang datang.

Timnas Indonesia tentu bisa menggunakan cara serupa saat menghadapi Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah (6/9/2024).

Pelatih Shin Tae-yong perlu mempersiapakan pemain lain andai kata butuh pengubah permainan saat dalam situasi deadlock atau tertinggal. Siapa saja yang bisa jadi supersub bagi skuad Timnas Indonesia? Berikut ulasan selengkapnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pratama Arhan

Sektor kiri Timnas Indonesia menyimpan banyak kualitas. Shayne Pattynama dan Calvin Verdonk mungkin akan jadi dua kandidat kuat mengisi pos tersebut.

Walau begitu, kedua nama di atas tak boleh meremehkan sosok Pratama Arhan. Pria asal Blora itu kerap menjadi sosok pembeda bagi Timnas Indonesia.

Lemparan ke dalam tentu jadi daya tarik utama suami selebgram Azizah Salsha ini. Tapi permainan ofensifnya yang meledak-ledak juga patut menjadi perhatian.

 

3 dari 4 halaman

Egy Maulana Vikri

Peran supersub juga bisa dialamatkan kepada Egy Maulana Vikri. Pemain asal klub Dewa United itu memang kerap dimasukkan selepas jeda turun minum.

Penampilan brilian terakhirnya sebagai pemain pengganti datang saat menghadapi Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia jadi pencetak gol tunggal kemenangan di laga tersebut.

Tugas serupa bisa kembali dia emban saat menghadapi Arab Saudi. Terutama saat Timnas Indonesia membutuhkan pemain yang bisa menekan sisi half-space.

 

4 dari 4 halaman

Dimas Drajad

Dimas Drajad merupakan salah satu striker modern yang dimiliki Timnas Indonesia. Pergerakannya yang cair selalu bisa merusak pertahanan lawan.

Sayangnya, cedera membuatnya kesulitan kembali ke performa terbaiknya. Ia kesulitan bersaing dalam beberapa bulan terakhir.

Walau begitu, penampilan cemerlangnya di kompetisi domestik bersama Persib Bandung menyiratkan satu hal. Dimas Drajad yang kita kenal, telah kembali.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer