Sukses


Cerita Sosok Penyambung Lidah Serba Bisa Milik Arema FC, Libur Latihan Tetap Stanby

Bola.com, Malang - Musim ini, Arema FC punya sosok yang serba bisa. Dia duduk di staf kepelatihan, yakni Claudio de Jesus.

Secara struktural, pria asal Brasil itu posisinya sebagai penerjemah pelatih kepala, Joel Cornelli. Namun di lapangan, dia menjalankan banyak tugas.

Selain menerjemahkan instruksi pelatih dari bahasa Portugis ke Indonesia, dia juga membantu pemain dan staf pelatih asing untuk adaptasi dengan sepakbola Indonesia. 

Saat ini, ada banyak pemain asing Arema FC yang berasal dari Brasil. Seperti Wiliam Marcilio, Lucas Frigeri, Dalberto Luan dan Pablo Oliveira. Sedangkan tim kepelatihan ada Gustavo Correa (pelatih fisik). Sedangkan pelatih kiper, Tiago Simoes dari Portugal. Namun dia punya bahasa yang sama.

“Saya bantu semua yang saya bisa. Tidak hanya didalam lapangan. Tapi juga di luar lapangan. Misalnya, mereka butuh sesuatu dan butuh komunikasi dengan bahasa Indonesia, saya yang melakukan,” lanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Libur Tetap On

Ketika Singo Edan libur latihan, Claudio tetap stanby jika pelatih maupun pemain membutuhkan bantuannya. Beberapa waktu lalu, ketika pelatih kiper Tiago Simoes boyongan pindah rumah, dia ikut membantu.

Sedangkan saat didalam lapangan, dia punya tugas teknis lain. Membantu latihan khusus pemain belakang. Semasa bermain, Claudio jadi palang pintu tangguh.

“Saya bantu menangani pemain belakang bersam asisten pelatih Arema Pak Siswantoro, dulu saya main sebagai stoper. Sedangkan posisi gelandang dan depan, ada staf pelatih dan pelatih kepala,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Penugasan

Saat pertandingan, Claudio bergantian dengan asisten pelatih lain memberi pemanasan kepada pemain cadangan.

Tugas seperti ini musim lalu dijalankan FX Yanuar. Dia secara struktural dia tercatat sebagai vidio analis. Namun di lapangan, Yanuar merangkap sebagai penerjemah pelatih sekaligus asisten pelatih. Kini, Yanuar hengkang ke Madura United. Karena Arema butuh penerjemah bahasa Portugis.

Claudio dipilih karena mantan pemain Arema musim 2004-2006 sehingga dia cepat beradaptasi dengan tim. Saat ini, dia menetap di Malang dan tentunya fasih berbahasa Indonesia. Karena dia memiliki istri orang Indonesia.

 

 

4 dari 4 halaman

Lokolingoy Butuh Penerjemah Dadakan

Hanya saja, saat Claudio menerjemahkan instruksi pelatih, ada satu nama yang terlihat sulit memahami, yakni striker asal Australia, Charles Lokolingoy. Tim pelatih memberikan instruksi dalam bahasa Portugis dan Indonesia. Sedangkan Lokolingoy hanya menguasai bahasa Inggris.

Tak jarang dia meminta Julian Guevara atau M. Rafli untuk menerangkan arahan pelatih dalam bahasa Inggris. Kondisi ini berbanding terbalik dengan musim lalu.

Tepatnya saat Arema ditangani pelatih asal Portugal Vernando Valente. Waktu itu sang pelatih memberikan instruksi dalam bahasa Inggris. Sehingga Lokolingoy dengan mudah mencerna apa yang diinginkan sang pelatih.   

Video Populer

Foto Populer