Sukses


Shin Tae-yong Bicara soal Kans Timnas Indonesia Kontra Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Saatnya Mencuri Poin!

Bola.com, Jakarta - "Kalau kita berusaha ada harapan untuk itu," begitu kata Shin Tae-yong ketika ditanya oleh Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga soal kans Timnas Indonesia kontra Timnas Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Arab Saudi dalam matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel kedua tim tersaji di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB.

Skuad Garuda berkekuatan 26 pemain dalam kualifikasi kali ini. Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya merupakan talenta lokal yang berkompetisi di BRI Liga 1. Sisanya adalah mereka yang berkiprah di luar negeri atau abroad.

"Secara umum Arab Saudi adalah tim kuat, tidak bisa dianggap sembarangan. Saya bukan Tuhan, tidak ada yang bisa memprediksi," ujar Shin Tae-yong dalam wawancara di YouTube PSSI TV.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sudah Beradaptasi

Selain menghadapi lawan kuat, Timnas Indonesia juga harus melawan cuaca panas di Arab Saudi. Kondisi itu disadari betul oleh Shin Tae-yong. Meskipun demikian, arsitek asal Korea Selatan itu sudah mengantisipasi.

"Saya tahu Arab Saudi lebih panas dari Indonesia, tapi bertanding di malam hari termasuk latihannya yang suhunya seperti di Indonesia. Jadi kami bisa berusaha dan beradaptasi memaksimalkan taktik," katanya.

Skuad Merah-Putih sudah berada di Arab Saudi sejak Minggu (1/9/2024). Asnawi Mangkualam dkk. juga menjalani beberapa kali latihan sekaligus beradaptasi dengan cuaca di sana.

"Ada dua negara Timur Tengah dengan kualitas tarbaik, yaitu Arab Saudi dan Iran. Meski karakter maupun gaya permainan berbeda dan membuat kami sulit membandingkan," sambung Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Tak Gentar

Tergabung di Grup C, skuad Garuda juga bakal bersaing dengan Timnas China, Timnas Bahrain, Timnas Jepang, dan Timnas Australia. Bersama Arab Saudi, dua negara terakhir merupakan tim langganan lolos ke putaran final.

Menilik peringkat, Timnas Indonesia tertinggal cukup jauh dari empat rival lainnya yang menempati posisi 90 besar dunia. Sementara skuad Merah-Putih cuma berada urutan 133 ranking FIFA.

"Seperti yang selalu saya bilang, masih sama, kami tidak akan pernah menyerah walau ranking FIFA kami jadi yang terendah di Grup C. Target kami di peringkat ketiga atau empat untuk kemudian melaju via play-off," tandas Shin Tae-yong.

"Dengan komposisi yang ada sekarang, bola itu bundar dan kami tidak bisa pastikan. Tapi ada harapan, kalau kami berusaha semaksimal mungkin kami cukup bisa bersaing," lanjutnya.

Video Populer

Foto Populer