Sukses


Selalu Dapat Dukungan Penuh, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Ucapkan Terima Kasih kepada PSSI

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berterima kasih kepada PSSI yang selama ini telah mendukung penuh timnya. Ungkapan itu disampaikan arsitek asal Korea Selatan tersebut saat berbincang dengan anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga di YouTube PSSI TV.

Sejak era kepemimpinan Erick Thohir, federasi sepak bola Indonesia itu memang selalu berusaha untuk memenuhi permintaan Shin Tae-yong. Bisa dibilang, kesuksesan yang diukir Tim Merah-Putih hingga melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tak terlepas dari peran PSSI.

Selain merampungkan proses naturalisasi pemain keturunan, PSSI juga berupaya memberikan fasilitas terbaik untuk skuad Garuda. Shin Tae-yong pun bersyukur karena semua elemen bahu membahu demi kemajuan Timnas Indonesia.

"Saya harus berterima kasih kepada PSSI terutama kepada Pak Erick Thohir saat ini sangat mendukung Timnas Indonesia dengan penuh dan luar biasa," ujar Shin Tae-yong.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pembinaan Usia Dini

Shin Tae-yong juga menekankan supaya PSSI bisa lebih serius dalam melakukan pembinaan. Dalam hal ini memberikan perhatian untuk kompetisi kelompok usia berjenjang.

Juru taktik kelahiran Yeongdeok-gun, Korea Selatan itu ingin melihat Timnas Indonesia bersinar dalam jangka waktu yang panjang. Membawa Garuda terbang tinggi dan menjadi yang terbaik merupakan impian Shin Tae-yong.

"Tetapi yang saya pikirkan, Timnas Indonesia itu bukan hanya sekarang saja bersinarnya, tapi agar bisa bersinar terus-menerus sampai ke depan," tegas mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

"Harus membuat sistem yang baik untuk pembinaan usia dini, mungkin jangka waktu panjang seperti 10 hingga 20 tahun ke depan," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Tantang Arab Saudi

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Arab Saudi dalam matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel kedua tim tersaji di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB.

"Kemungkinan kita bisa dapat poin melawan Arab Saudi. Kalau menang bagus, tapi kalau tidak, kami harus berusaha agar bisa dapat satu poin, setidaknya ya. Kami akan melakukan yang terbaik," kata Shin Tae-yong.

Skuad Garuda berkekuatan 26 pemain dalam kualifikasi kali ini. Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya merupakan talenta lokal yang berkompetisi di BRI Liga 1. Sisanya adalah mereka yang berkiprah di luar negeri atau abroad.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer