Sukses


Shin Tae-yong Blak-blakan Alur Timnas Indonesia ke Piala Dunia: Lolos Peringkat 3 atau 4 Lalu Play-off, Kami Akan Buat Keajaiban

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, blak-blakan mengenai rencananya untuk skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Tidak dapat disangkal bahwa kami adalah tim terlemah di Grup C dengan unggulan No. 6," katanya dikutip Maekyung Media Group.

"Tetapi Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dalam sepak bola," katanya

"Tujuan yang realistis adalah finis di posisi ketiga dan lolos ke babak playoff. Di babak kualifikasi ketiga, kami akan mencoba menulis drama ajaib seperti yang kami lakukan di Piala Asia U-23 dan Piala Asia."

Shin Tae-yong telah menangani Timnas Indonesia dan Timnas U-23 sejak 2020 telah menorehkan sejumlah rekor dalam sejarah sepak bola Indonesia. Final 4 Besar Piala Asia U-23 tahun ini dan Babak 16 Besar Piala Asia serta runner-up Piala Suzuki Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) 2022 adalah contoh yang representatif.

Pada Babak 8 Besar Piala Asia U-23 pada bulan April, mereka mengalahkan Korea Selatan dan mencapai perempat final.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perjalanan Masih Panjang

Jika tidak menjadi juara grup dan runner-up, jalan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026 masih panjang.

Peringkat 3-4 akan ke putaran keempat. Nah, pada putaran keempat ada dua grup isinya masing-masing tiga tim. Juara grup lolos ke putaran final, runner-up ke putaran kelima untuk memperebutkan tiket ke play-off.

Selain itu, beberapa pemain naturalisasi telah bergabung di posisi yang kami butuhkan, dan kekuatannya pun semakin kuat. Staf pelatih dan pemain bekerja keras sebagai satu kesatuan dalam latihan untuk memberi warna tersendiri bagi kami agar dapat menyerang secara agresif dan terus menggigit dan terkulai.

Bagi Shin Tae-yong, lolos ke putaran final Piala Dunia pertama bagi Indonesia, mengatakan menurutnya bukanlah hal yang mustahil.

3 dari 4 halaman

Target Realistis

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 diikuti oleh 18 negara yang dibagi ke tiga grup. Masing-masing grup berisikan enam kesebelasan. Posisi pertama dan kedua berhak lolos langsung ke putaran final.

Sementara itu, ranking ketiga dan keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan lolos ke putaran keempat. Total enam tim dipecah ke dua grup. Masing-masing juara grup bakal melaju otomatis ke putaran final.

Dua runner-up putaran keempat akan bermain di putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk memperebutkan satu tiket menuju play-off antar-konfederasi Piala Dunia 2026 bergabung dengan wakil Afrika, Amerika Selatan, Oceania, dan CONCACAF.

4 dari 4 halaman

Tipis kalau Lolos Langsung

"Kami sebenarnya berada di grup neraka. Jika mempertimbangkan lebih jauh, bisa dibilang kesempatan lolos langsung ke Piala Dunia 2026 hanya 20-30 persen," ujar Shin Tae-yong dalam YouTube Timnas Indonesia.

"Sebenarnya buat kami, ini bukan hal mudah. Tapi hal sulit. Namun jika mampu finis di peringkat ketiga atau keempat Grup C, saya rasa kami bisa lolos ke babak berikutnya. Saya akan berusaha," ucapnya.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menantang tuan rumah Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer