Sukses


BRI Liga 1: Arema FC Dapat Berkah dari Keikutsertaan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Malang - Arema FC memiliki keuntungan saat Timnas Indonesia bermain melawan Arab Saudi dan Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, kompetisi BRI Liga 1 2024/2025 ikut dijeda, dan kekosongan ini dimanfaatkan oleh staf pelatih klub guna memulihkan cedera dua bek utamanya.

Dua bek Arema FC yang dimaksud adalah Thales Lira dan Choi Bo-kyung. Mereka saat ini belum bergabung dalam latihan skuad utama.

Choi mengalami cedera di jari kaki sejak dua pekan lalu. Sampai saat ini, bek asal Korea Selatan itu masih latihan terpisah. Dia harus memulihkan kondisi fisiknya sebelum kembali ke tim utama. Sedangkan Thales, sejak pekan pertama dia belum pulih 100 persen dari cedera tempurung lutut.

Namun, bek asal Brasil tersebut tetap jadi starter dan tampil penuh dalam tiga pertandingan. Maklum, Arema FC juga butuh kehadirannya untuk membuat striker lawan segan. Sehingga tiga pertandingan tersebut, mantan bek PSS Sleman itu bermain dengan menahan rasa sakit di lututnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Krusial

"Thales sementara melakukan pemulihan terpisah. Dia tidak bisa ikut dalam latihan berat dulu. Kalau Choi, beberapa waktu ke depan sudah gabung latihan normal,” kata fisioterapi Arema FC, Reta Arroyan.

Saat Liga 1 diputar kembali, dua bek utama itu diprediksi sudah bisa tampil. Sehingga pelatih Arema FC, Joel Cornelli tidak pusing menyusun komposisi lini belakang.

Perlu diketahui, Thales dan Choi merupakan dua stoper utama Singo Edan. Sayang, keduanya baru tampil bersama di laga pertama Liga 1. Yakni melawan Dewa United. Itupun hanya berjalan satu babak pertama. Hasilnya, Singo Edan membuat cleansheet. Sedangkan saat Choi absen melawan Borneo FC dan Persib Bandung, Arema FC selalu kebobolan.

Sejak Choi absen, Arema FC menurunkan dua pemain berbeda sebagai tandem Thales. Yakni Syaeful Anwar dan Anwar Rifai. Sementara di pra musim, Choi selalu jadi pilihan utama bersama Thales. Sehingga penggantinya butuh waktu untuk adaptasi.

 

3 dari 4 halaman

Belum Pernah Full Team

Perlu diketahui, Arema FC belum pernah tampil dengan kekuatan terbaik di Liga 1. Pada laga pertama, gelandang asal Pablo Oliveira belum bergabung. Sedangkan pekan kedua, mereka kehilangan tiga pemain. Salim Tuharea, Choi Bo-kyung dan Julian Guevara. Sedangkan pekan ketiga, Salim dan Choi masih belum pulih dari cedera.

Itu juga menjadi salah satu kendala. Sehingga Singo Edan sampai pekan ketiga belum meraih kemenangan. Meskipun saat pra musim, mereka meraih juara Piala Presiden. Dari pengamatan Bola.com, Arema FC jarang melakukan rotasi pemain saat turnamen pra musim. Selain itu, mereka menurunkan 7 asing sekaligus sebagai starter. Sedangkan saat Liga 1, maksimal hanya 6 pemain yang bisa turun sejak menit awal.

4 dari 4 halaman

Posisi Arema FC di BRI Liga 1 2024/2025

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer