Sukses


Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, 2 Pemain yang Disebut-sebut Akan Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Proyek naturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia belum selesai. Setelah menaturalisasi sepuluh pemain keturunan sejak era kepemimpinan Erick Thohir pada Februari 2023, PSSI masih akan menaturalisasi beberapa nama lagi.

Timnas Indonesia kebagian dua pemain lagi untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sementara timnas U-20 rencananya akan menaturalisasi tiga pemain demi kepentingan lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bahkan membenarkan bahwa timnya akan kedatangan dua pemain naturalisasi. Satu di antaranya berposisi sebagai penyerang.

Di media sosial, dua nama itu mengarah ke Eliano Reijnders dan Mees Hilgers. Eliano berposisi asli sebagai winger namun lebih sering diplot sebagai fullback. Sedangkan Hilgers adalah bek tengah.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Eliano Reijnders

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Eliano Reijnders (@eliano.r)

Eliano Reijnders adalah saudara laki-laki dari gelandang AC Milan, Tijjani Reijnders, yang pernah membuat Timnas Indonesia naksir berat, namun sang pemain lebih memilih membela Timnas Belanda.

Eliano Reijnders lahir di Tampere, Finlandia, pada 23 Oktober 2000. Dia memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Lekatompessy, yang kental berdarah Maluku.

Sekarang, Eliano Reijnders bermain untuk PEC Zwolle di Eredivisie 2024/2025. Dia selalu bermain dalam empat pertandingan di awal musim. Kecuali dalam partai terakhir, Eliano tampil terus sebagai starter selama 90 menit menjadi fullback kanan.

Jika dinaturalisasi Timnas Indonesia, pemain berpostur 168 cm itu dapat menambah agresivitas di sayap kanan bersama Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh, atau bisa juga di winger dengan Ragnar Oratmangoen.

3 dari 3 halaman

Mees Hilgers

Mees Hilgers sebenarnya bukan nama baru dalam dunia pernaturalisasi-an Timnas Indonesia. Sebelum Justin Hubner dan Jay Idzes bersedia dinaturalisasi tim berjulukan Garuda itu, Mees Hilgers lebih dulu diincar.

Kira-kira pada awal 2022, PSSI mengejar Mees Hilgers bersama pemain keturunan lainnya, Kevin Diks. Namun, dua-duanya lepas. Ketika itu, keduanya disebutkan tidak mendapatkan izin orang tua karena tak bisa memegang paspor ganda Belanda-Indonesia.

Tetapi setelah itu, beredar kabar bahwa Mees Hilgers masih berharap dapat membela Timnas Belanda, diawali dengan panggilan dari Belanda U-21 pada September 2022.

Di usia yang masih cukup muda, 23 tahun, Mees Hilgers sudah kenyang pengalaman. Dia mempunyai 85 caps di Eredivisie. Dia juga merangkum dua partai Kualifikasi Liga Champions, dan sembilan pertandingan Kualifikasi Conference League.

Semuanya dilakukan bersama FC Twente, klub yang dibelanya sejak 2020 sebagai pemain senior dan 2011 ketika masih menjadi pemain junior.

Mees Hilgers bakal menambah kualitas lini belakang Timnas Indonesia yang telah dihuni Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, hingga Jordi Amat.

Video Populer

Foto Populer