Sukses


Sempat Pantau BRI Liga 1, Shin Tae-yong: Jika Kompetisinya Baik, Timnasnya juga Baik

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama jajaran stafnya sempat beberapa kali menonton pertandingan BRI Liga 1 2024/2025. Arsitek asal Korea Selatan itu memantau pemain potensial untuk bergabung dalam skuad Garuda.

Setidaknya ada dua partai yang sudah ditonton Shin Tae-yong bersama para asistennya seperti Cho Byung-kuk, Yeom Ki-hun, Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, Kim Jong-jin, dan penerjemahnya, Jeong Seok-seo.

Ketika itu, arsitek berusia 53 tahun itu menonton laga pekan ketiga Liga 1 antara Persija Jakarta versus Persis Solo di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (24/8/2024) malam WIB.

Selain itu, Shin juga hadir menyaksikan duel Malut United kontra Persebaya Surabaya pada matchday kedua di Stadion Madya, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Komentar Shin Tae-yong

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengatakan, memang sudah semestinya tugas head coach tim nasional mengamati perkembangan talenta lokal yang tersebar di klub kontestan Liga Indonesia. Hal ini diungkapkan Shin Tae-yong saat berbincang dengan anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga di YouTube PSSI TV baru-baru ini.

"Memang itu bagian dari tugas sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia melihat perkembangan pemain. Jadi kemarin nonton Liga 1 dan melihat perkembangan Liga 1 seperti apa," ujar Shin Tae-yong.

"Saya selalu berpikir bahwa kompetisi harus kuat dan baik, maka tim nasional juga akan mengikutinya. Itu filosofi saya selama ini," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Soal Kunjungan ke Asprov

Dalam wawancara tersebut, Arya Sinulingga juga menanyakan apakah ke depan Shin Tae-yong memiliki rencana datang langsung ke Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk memantau para pemain yang ada di penjuru Tanah Air. Soal itu, Shin memberikan jawaban.

"Di setiap Asprov pastinya sudah ada pelatih-pelatih juga jadi saya tidak bisa melangkahi. Artinya tidak bisa memberikan coaching clinic ya, kecuali ada tugas khusus untuk saya melaksanakan coaching clinic," kata Shin Tae-yong.

"Tetapi itu hal yang mungkin belum akan terjadi apalagi sekarang persiapan Timnas Indonesia tidak begitu panjang untuk Kualifikasi Piala Dunia."

"Dalam sebulan kami tanding, setelah itu hanya satu bulan persiapan, seperti itu terus jadi sangat mepet untuk kami datang ke Asprov," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Jumpa Arab Saudi

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Arab Saudi dalam matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel kedua tim tersaji di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB.

"Kemungkinan kita bisa dapat poin melawan Arab Saudi. Kalau menang bagus, tapi kalau tidak, kami harus berusaha agar bisa dapat satu poin, setidaknya ya. Kami akan melakukan yang terbaik," ucap Shin Tae-yong.

Skuad Garuda berkekuatan 26 pemain dalam kualifikasi kali ini. Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya merupakan talenta lokal yang berkompetisi di BRI Liga 1. Sisanya adalah mereka yang berkiprah di luar negeri atau abroad.

5 dari 5 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Matchday 1 Grup C Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Jumat, 6 September 2024

Arab Saudi Vs Timnas Indonesia

Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah

Kick-off: 01.00 WIB

Live: RCTI

Live Streaming: Vision+

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer