Sukses


Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Maarten Paes Tepis Penalti, Timnas Indonesia Lumayan Bawa Oleh-Oleh 1 Poin dari Markas Arab Saudi

Bola.com, Jeddah - Timnas Indonesia berhasil mengimbangi tuan rumah Timnas Arab Saudi 1-1 dalam partai pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Pada menit ke-19, serangan berbahaya pertama Timnas Indonesia berbuah gol. Berawal dari umpan Witan Sulaeman yang diterima dengan baik oleh Ragnar Oratmangoen.

Ragnar mencari posisi yang tepat untuk menendang bola. Tembakan penyerang berusia 26 tahun itu membentur Sandy Walsh yang berasarang deras ke gawang Arab Saudi.

VAR sempat meninjau gol Ragnar Oratmangoen, sebelumnya ditulis Sandy Walsh, selama beberapa saat, namun tetap mengesahkan gol penyerang FCV Dender di Liga Belgia itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Arab Saudi Samakan Kedudukan

Arab Saudi mencoba menyamakan kedudukan lewat sepakan Mohammed Kanno pada menit ke-29, namun masih melebar dari gawang Timnas Indonesia yang dikawal Maarten Paes.

Enam menit berselang, Timnas Indonesia berpeluang untuk menggandakan keunggulan. Tetapi, tendangan Witan masih terlalu lemah sehingga masih bisa ditangkap penjaga gawang Arab Saudi, Mohammed Al Owais.

Arab Saudi akhirnya bisa menyeimbangkan keadaan pada menit ke-45+8. Sepakan dari Musab Aljuwayr mengenai tubuh Calvin Verdonk dan masuk ke gawang Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Save Maarten Paes

Pada menit ke-77, Arab Saudi mendapatkan tendangan penalti setelah Maarten Paes melakukan blunder. Kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu kehilangan penguasaan bola.

Maarten Paes telat menendang bola sehingga kakinya malah menekel pemain Arab Saudi, Feras Al Brikan. Namun, pada dua menit berselang, penjaga gawang berusia 26 tahun itu membayar kesalahannya dengan tuntas.

Maarten Paes berhasil menepis sepakan 12 pas Abdulrahman Ghareeb. Pemain berdarah Kediri, Jawa Timur, itu memilih untuk membaca bola, alih-alih menebak.

4 dari 5 halaman

Arab Saudi Hampir Comeback

Paes memang jagonya dalam menyelamatkan tendangan penalti. Kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998 ini telah tiga kali melakukannya di MLS 2024 bersama FC Dallas.

Pada menit ke-90+3, Arab Saudi hampir saja comeback. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan, tendangan Feras Albrikan masih bisa dibendung oleh Maarten Paes.

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Timnas Arab Saudi (5-3-2): Mohammed Al Owais; Sultan Al Ghannam, Ali Lajami, Ali Al Bulayhi, Motem Alharbi, Hassan Al Tambakti; Abdullah Al Khaibari, Mohammed Kanno, Musab Aljuwayr; Salem Al Dawsari, Abdullah Radif

Pelatih: Roberto Mancini

Timnas Indonesia (3-4-3): Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Calvin Verdonk; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer