Sukses


Shin Tae-yong Bocorkan Resep Ampuh Timnas Indonesia Bikin Arab Saudi Tak Berdaya, Ternyata Sudah Hafal Taktik Roberto Mancini

Bola.com, Jeddah - Timnas Indonesia di luar dugaan bisa menahan Arab Saudi 1-1 pada matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Shin Tae-yong pun membagikan resep di balik hasil mengejutkan tersebut. 

Timnas Indonesia sebenarnya tidak diunggulkan pada pertandingan ini. Arab Saudi merupakan tim langganan Piala Dunia, serta merupakan salah satu raksasa sepak bola Asia. 

Apalagi, Arab Saudi punya keuntungan di laga ini karena bermain di kandang sendiri, Stadion King Abdullah Sport City. Mereka juga punya pelatih sekaliber Roberto Mancini. 

Namun, Timnas Indonesia mampu membungkam semua keraguan. Jay Idzes dan kawan-kawan mampu membawa pulang satu poin dari Arab Saudi, bahkan sempat unggul terlebih dulu. 

Apa resep jitu Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia membuat Arab Saudi tak berdaya? 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ikuti Sepak Bola Arab Saudi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tetap memuji Mancini sebagai pelatih hebat. Namun, dia mengakui sudah mengantongi cara bermain mereka setelah mengikuti sepak bola Arab. 

"Mancini adalah pelatih hebat di lapangan. Taktiknya adalah bermain dengan lima bek, kemudian menyerang dan menjaga tiga bek di belakang. Itu sama dengan taktik saya," kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari Aawsat.

"Saya mengikuti sepak bola Arab Saudi dan saya mengetahui itu dengan baik," imbuh pelatih asal Korea Selatan itu. 

 

3 dari 4 halaman

Langsung Balik ke Indonesia

Sementara itu, skuad Timnas Indonesia tak perlu waktu lama untuk kembali ke Tanah Air. Maarten Paes dkk langsung menuju bandara begitu selesai menjalani pertandingan di King Abdullah Sports City Stadium.

PSSI memang menggunakan pesawat khusus untuk pertandingan itu. Seperti yang sebelumnya diungkapkan oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

"Karena waktunya mepet kemarin, Shin Tae-yong meminta ada jadwal dan pesawat khusus yang membawa pemain kita dari Arab Saudi ke Indonesia. Agar mereka punya waktu istirahat," kata Arya Sinulingga belum lama ini.

4 dari 4 halaman

Waktu Istirahat

Para pemain Timnas Indonesia memang perlu mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sebab, pada Selasa (10/9/2024), mereka akan menjamu tim kuat lain Timnas Australia.

Pertandingan itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB. Motivasi Skuad Garuda tentu sangat tinggi. Apalagi Timnas Australia baru kalah 0-1 dari Timnas Bahrain di kandang mereka sendiri.

"Agar mereka punya waktu istirahat lebih panjang dan saat bermain lebih tenang," tandas Arya Sinulingga.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer