Sukses


Timnas Indonesia Tahan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pengamat: Hasil yang Membanggakan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menunjukkan penampilan luar biasa saat bersua Arab Saudi pada matchday perdana Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sempat unggul lebih dulu, Tim Garuda akhirnya mampu menahan 1-1 Arab Saudi.

Bertanding di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB, gol Timnas Indonesia dicetak Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19. Namun, Arab Saudi menyamakan kedudukan melalui Musab Al Aljuwayr menjelang turun minum atau menit ke-45+3.

Meski hanya mendulang satu angka, skuad Merah-Putih mampu menyulitkan The Green Falcons, julukan Timnas Arab Saudi. Menilik statistik Lapangbola, Timnas Indonesia berhasil melepaskan tujuh tembakan yang dua di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara itu, tuan rumah melesakkan 15 tembakan yang empat di antaranya tepat sasaran. Maarten Paes menjadi tembok kukuh yang membuat Arab Saudi frustrasi dalam menjebol gawang Timnas Indonesia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dua Jempol

Penjaga gawang FC Dallas itu mampu menggagalkan tiga peluang emas yang didapat tim asuhan Roberto Mancini tersebut. Satu di antaranya saat menepis penalti kapten Arab Saudi Salem Al-Dawsari pada menit ke-79.

Performa ciamik anak-anak Indonesia mendapat pujian dari berbagai pihak. Satu di antaranya datang dari pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto. Menurutnya, aksi Timnas Indonesia di markas Arab Saudi patut diacungi dua jempol.

"Performa yang luar biasa, mendapatkan satu poin di kandang lawan apalagi yang dihadapi adalah Arab Saudi. Salah satu tim besar di Asia, langganan Piala Dunia," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Jumat (6/9/2024).

"Mereka juga pernah mengalahkan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 bahkan saat ini dilatih oleh salah satu legenda Italia Roberto Mancini," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Imbang Rasa Menang

Erwan Hendarwanto menyebut, satu poin dari Jeddah merupakan prestasi yang patut disyukuri, karena hasil imbang serasa menang. Sebelumnya Timnas Indonesia selalu kewalahan ketika menghadapi The Green Falcons.

"Dari deretan kelebihan tadi bahwa Timnas kita bisa bermain seri adalah suatu prestasi yang sangat membanggakan. Pelan-pelan kita mulai bisa mengimbangi para raksasa sepak bola Asia," katanya.

"Timnas Indonesia bermain dengan taktik yang menurut saya sangat tepat, memainkan Calvin Verdonk di center back kiri dan langsung memainkan Maarten Paes adalah salah satu kejelian coach Shin dalam meredam agresifitas lawan," ulas Erwan Hendarwanto.

 

4 dari 4 halaman

Tantang Timnas Australia

Hasil ini membuat Timnas Indonesia untuk sementara menempati peringkat keempat klasemen Grup C dengan torehan satu angka. Mereka punya angka yang sama dengan Arab Saudi di posisi ketiga.

Sementara itu, Jepang dan Bahrain yang ada di urutan pertama serta kedua, dan sama-sama mengoleksi nilai tiga. Adapun posisi kelima dan keenam dihuni Australia serta China dengan nol poin.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah dengan menjamu Timnas Australia pada laga kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer