Sukses


Rapor Lini Tengah Timnas Indonesia Ketika Sukses Tahan Imbang Arab Saudi: Kualitas Thom Haye dan Ivar Jenner Bikin Repot Lawan

Bola.com, Jakarta - Arab Saudi menjadi lawan pertama di Grup C yang merasakan betapa mengerikannya Timnas Indonesia saat ini. Lini tengah jadi kunci. Aplaus untuk Thom Haye dan Ivar Jenner.

Thom Haye dan Ivar Jenner, merupakan dua dari sebelas pemain yang didapuk pelatih Shin Tae-yong sebagai starter saat menantang tim kuat Arab Saudi di King Abdullah Sports City, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Keduanya tampil luar biasa, duo protagonis di balik kedigdayaan Skuad Garuda yang sukses membawa pulang satu poin dari markas Green Falcons.

Timnas Indonesia yang bermain dengan skema 3-4-3 tapi berubah menjadi 5-4-1 saat bertahan unggul lebih dulu pada menit ke-19 setelah Ragnar Oratmangoen sukses memaksimalkan assist Witam Sulaeman.

Tuan rumah sendiri baru bisa menyamakan skor pada menit ke-45+3 via lesakan Musab Al Juwayr.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Imbangi 2 Gelandang Arab Saudi

Kembali ke lini tengah, duet Thom Haye dan Ivar Jenner mampu mengimbangi sekaligus merepotkan dua gelandang Arab Saudi, Abdullah Al Khaibari serta Musab Al Juwayr.

Abdullah Al Khaibari bukan pemain sembarangan. Kelahiran 16 Agustus 1996 sudah memperkuat Arab Saudi sejak 2018 dan merupakan veteran Piala Dunia 2018.

Sedangkan Musab Al Juwayr sosok pemain muda yang masih berusia 21 tahun, dimana performnya terus meroket di bawah rezim Roberto Mancini.

Di klubmnya masing-masing keduanya juga andalan. Abdullah Al Khaibari masih memperkuat Al-Shabab, tim yang dibelanya sejak 2017.

Sementara, Musab Al Juwayr, masih tercatat sebagai pilar Al-Hilal yang menjalani peminjaman di Al-Shabab. Kedua pemain inilah yang menjadi lawan Thom Haye dan Ivar Jenner.

 

 

3 dari 4 halaman

Suhu Panas Bukan Masalah

Meski bermain di suhu yang sangat panas mencapai 35 derajat celcius, namun Thom Haye dan Ivar Jenner tak terlihat kesusahan menjalankan tugas.

Keduanya tak hanya bertugas menahan gempuran serta mematikan aliran bola, melainkan juga mendistribusikan si kulit bundar kepada tiga rekannya di lini depan yakni Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, terlebih kepada Rafael Struick selaku goal-getter atau target-man.

Peran penting keduanya juga terlihat saat Shin Tae-yong, yang berdiri di pinggir lapangan, beberapa kali berteriak atau memberikan isyarat dengan tangan agar kepada Thom Haye dan Ivar Jenner.

STY sepertinya paham betul, Arab Saudi akan sangat bertumpu kepada pemain-pemain tengahnya karena Abdullah Al Khaibari dan Musab Al Juwayr punya skil mumpuni serta piawai melepaskan variasi umpan.

Sayang, memasuki menit ke-59 Thom Haye tak bisa melanjutkan pertempuran. Playmaker yang menurut Transfermarkt bernilai Rp51,5 miliar dibekap cedera dan eks pilar Heerenveen, Belanda, itu digantikaan oleh Marselino Ferdinan.

Ivar Jenner sendiri baru diganti jelang berakhirnya pertandingan, tepatnya pada menit ke-80. Wonderkid Jong Utrecht yang masih berusia 20 tahun tersebut digantikan oleh Egy Maulana Vikri.

 

4 dari 4 halaman

Pujian Shin Tae-yong

Usai laga, Shin Tae-yong memuji kerja keras semua pemain, tentunya juga kepada Thom Haye dan Ivar Jenner.

"Saya percaya kepada para pemain. Indonesia saat ini tidak seperti Indonesia sebelumnya dan kami punya tujuan jelas di turnamen ini dan saya berusaha mencapainya dengan memberi semangat kepada para pemain," kata Shin Tae-yong.

Beruntunglah Indonesia punya duet gelandang tangguh, Thom Haye - Ivar Jenner. Keduanya tak hanya menyudahi hegemoni Arab Saudi yang dalam 11 laga terakhir mengantongi 10 kemenangan, tapi juga membuat Indonesia semakin percaya diri guna melakoni laga selanjutnya melawan Australia, Jepang, China, dan Bahrain.

Wajar sepertinya kalau rakyat Indonesia, khususnya fans setia Skuad Garuda memberikan nilai sangat memuaskan terkait rapor Thom Haye dan Ivar Jenner saat kontra Arab Saudi.

Sepakat!

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer