Sukses


Jacksen Tiago Pede Timnas Indonesia Bisa Atasi Siapa pun Lawan Menuju Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia luar biasa! Melakoni laga tandang di King Abdullah Sports City, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB, tim asuhan Shin Tae-yong membawa pulang satu poin. Salut untuk Jay Idzes cs.

Sejarah terukir bagi Timnas Indonesia. Skuad Garuda mengawali laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan bermain imbang 1-1 dengan Arab Saudi. Bahkan Tim Garuda nyaris mempermalukan tuan rumah.

Timnas Indonesia unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19. Arab Saudi pada akhirnya luput dari kekalahan memalukan di depan pendukungnya via gol balasan Musab Al Juwayr pada masa injury time babak pertama.

Sukses Jay Idzes dkk. tak hanya membuat kepercayaan diri Timnas Indonesia makin tinggi guna mengarungi pertandingan selanjutnya melawan Australia, Jepang, China, dan Bahrain, tapi sekaligus menyudahi rekor pertemuan Arab Saudi saat bersua Timnas Indonesia Indonesia.

Dalam 11 pertemuan terakhir, Arab Saudi mengemas 10 kemenangan sedangkan satu laga lagi berakhir imbang. Apa yang dipahat anak-anak asuh Shin Tae-yong di malam indah langit Kota Jeddah semakin membuktikan kalau Timnas Indonesia benar-benar sudah di fase level Asia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mampu Hadapi Siapa pun Lawannya

Selain menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, performa Timnas Indonesia meroket dalam dua tahun terakhir. Kebijakan PSSI yang membuka keran naturalisasi selebar-lebarnya ternyata berdampak positif.

Banyak yang memuji kinerja PSSI, juga kerja keras Shin Tae-yong sebagai juru taktik. Salah satunya adalah legenda sepak bola nasional yang juga eks peracik Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago.

Mantan pilar Petrokimia Putra dan Persebaya Surabaya itu, lewat kanal YouTube Bicara Bola besutan Akmal Marhali, menilai Timnas Indonesia saat ini mampu melawan tim mana pun, termasuk semua kontestan Grup C.

"Jepang, Arab Saudi, Bahrain, dan China bisa kita lawan. Pada level saat ini, Timnas Indonesia mampu melawan siapa pun," kata Jacksen F Tiago.

3 dari 5 halaman

Pemain Penuh Percaya Diri

Bermaterikan pemain muda yang potensial serta beberapa yang menjalani karier abroad di Eropa dan Amerika Serikat membuat para penggawa Timnas Indonesia lebih percaya diri.

"Bahkan sebelum pertandingan pun, pemain sudah percaya diri dan itu sangat bagus," ujar legenda yang kini berusia 56 tahun.

Pria asal Brasil yang sangat fasih berbahasa Indonesia itu melambungkan asa tinggi terhadap Shin Tae-yong dan pemain Timnas Indonesia. Ia berharap Tim Garuda bisa ambil bagian di putaran final Piala Dunia 2026.

"Saya sangat bangga jika Indonesia mampu melewati grup ini dengan sukses. Apalagi langsung lolos ke Piala Dunia," kata Jacksen F Tiago yang selama kariernya sebagai pelatih pernah membawa Persebaya Surabaya juara Liga Indonesia 2004 serta Persipura Jayapura menggondol gelar Indonesia Super League 2008/2009, 2010/2011, dan 2013.

4 dari 5 halaman

Hadapi Australia

Setelah melawan Arab Saudi, Jay Idzes and kolega akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada pada Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Indonesia berada di atas angin karena selain beraksi di depan pendukung fanatiknya dan hasil positif di kandang Arab Saudi, Australia juga baru saja kalah 0-1 dari kuda hitam Bahrain.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi keempat dalam klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan satu poin. Tim Garuda satu posisi di atas Australia yang ada di posisi kelima dengan tanpa poin.

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  1  1  0  0  7-0  3
 2.   Bahrain  1  1  0   0  1-0   3
 3.    Arab Saudi  1  0  1  0  1-1   1
 4.    Indonesia  1  0  1  0  1-1  1
 5.   Australia   1  0  0  1  0-1  0
 6.    China   1   0  0  1  0-7  0
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer